News

Menag copot Iqbal dari Kakanwil Kemenag Aceh

Menag: Banyak jemaah haji belum paham manasik
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. (Dok. Kemenag)

POPULARITAS.COM – Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dikabarkan mencopot Iqbal dari jabatannya sebagai Kakanwil Kemenag Aceh. Namun, belum diketahui siapa yang akan mengganti posisi tersebut.

Dikutip dari laman Kemenag RI, Rabu (15/2/2023), posisi Iqbal digeser dari Kakanwil Kemenag Aceh menjadi Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Sebelumnya, posisi tersebut diisi oleh Ibnu Sa’dan. Ibnu selanjutnya digeser menjadi Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para pejabat itu digelar di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023).

Turut menjadi saksi dalam penandatanganan berita acara, Sekjen Kemenag Nizar dan Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani.

Baca: Kasus dugaan mesum pejabat Kemenag Aceh dihentikan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam arahannya mengatakan hari ini Kemenag melakukan reposisi demi meningkatkan efektifitas dan akselerasi birokrasi dalam menjalankan fungsi layanan.

Menag menambahkan reposisi dalam sebuah birokrasi merupakan sesuatu yang lumrah. Layaknya sebuah kendaraan, reposisi memungkinkan ASN melakukan penguatan beberapa fungsi untuk akselerasi yang lebih cepat dan efektif.

Begitu pula dalam organisasi Kementerian Agama, lanjut Menag, reposisi bertujuan memperkuat akselerasi mobilitas birokrasi sesuai dengan target capaian sebagai respons atas dinamika sosial di tengah masyarakat.

“Jabatan ini adalah amanah yang harus dijalankan dengan totalitas dan profesionalitas. Jabatan adalah kesempatan untuk menebarkan kebaikan bagi bangsa dan agama. Untuk itu, marilah kita jaga marwah jabatan ini dengan tetap memegang teguh komitmen kebangsaan dan integritas. Jalankan roda birokrasi dengan sebaik-baiknya, lakukan langkah-langkah strategis demi tercapainya target tahun anggaran,” pesan Menag.

“Meski berat dan kadang melelahkan, namun dengan semangat pengabdian dan komitmen kebangsaan, kita terus tegar berdiri memberi yang terbaik. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua,” pungkasnya.

Baca: WH Pastikan Oknum Pejabat Kemenag Aceh Dijerat Dengan Qanun Jinayat

Shares: