News

Mengenal Perbedaan Tanaman Hias Kaktus dan Sukulen

POPULARITAS.COM – Budidaya tanaman hias di kala pandemi Covid-19 ini kian marak. Di antara tanaman hias yang tengah digandrungi masyarakat adalah jenis kaktus dan sukulen. Sekilas, kedua tanaman tersebut serupa, tapi tak sama.

Kedua tanaman hias ini memang memiliki beberapa persamaan, tetapi tentu masing-masing tanaman tersebut memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri.

Berikut cara membedakan tanaman hias kaktus dan sukulen:

1. Perbedaan Istilah

Perlu diketahui terlebih dahulu, sukulen atau succulent merupakan sebuah label atau istilah yang digunakan dalam bahasa tanaman, seperti dikutip Smart Garden Guide.

Istilah sukulen dapat diartikan sebagai tanaman yang memiliki karakteristik menyerap dan menyimpan air pada batang utama sebuah tanaman.

Dengan kata lain istilah sukulen bisa terdapat pada tanaman manapun yang memiliki kemampuan menyimpan air dalam jumlah yang banyak, sehingga tanaman tersebut dapat bertahan dalam kondisi paling kering sekali pun.

Sementara itu, kaktus merupakan sebuah nama famili di dalam dunia tumbuhan. Jadi, sukulen bukanlah sebuah nama famili tumbuhan seperti kaktus.

2. Tak Semua Sukulen Masuk Golongan Kaktus

Kaktus memiliki sifat sukulen yang berarti semua tanaman kaktus dapat menyimpan air dalam jumlah yang sangat banyak. Oleh karena itu, tanaman tersebut tidak akan kekeringan walaupun terletak di kondisi atau lingkungan yang sangat kering.

Dilansir Cactus Way, sifat sukulen yang ada pada karakteristik tanaman kaktus membuat semua tanaman sukulen merupakan tanaman kaktus.
Namun, tidak semua tanaman sukulen dapat tergolong sebagai tanaman kaktus dikarenakan beberapa karakteristik dari kaktus yang tidak sama dengan tanaman yang memiliki kemampuan sukulen.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sukulen merupakan sebuah sifat atau kemampuan tanaman tertentu. Sifat atau kemampuan tertentu bisa terdapat di berbagai tanaman lainnya, tidak hanya tanaman hias saja.

Contohnya tanaman sukulen berjenis jade atau panda. Sukulen panda memiliki bulu halus, sedangkan sukulen jade berbentuk seperti bunga. Kedua jenis sukulen tersebut tidak dapat dikategorikan ke dalam famili kaktus.

Sifat sukulen ada di dalam kaktus karena kaktus menyerap dan menyimpan air pada batang tumbuhannya. Dari segi fisik tanamannya sendiri, sukulen memiliki kelopak yang seperti daun, sementara kaktus memiliki duri sebagai pengganti jaringan daun.

Sukulen atau succophyte adalah tumbuhan yang memiliki setidaknya satu jaringan sukulen. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sifat sukulen bisa terdapat dalam satu atau lebih dari bagian tubuh tumbuhan.

3. Beda Fisik Tanaman Hias Kaktus dan Sukulen

Tanaman kaktus memiliki banyak duri yang tajam, sehingga siapa pun yang menyentuhnya, baik manusia maupun hewan dapat terluka.

Selain sebagai aspek untuk pertahanan diri, duri-duri pada tanaman kaktus tersebut merupakan pengganti jaringan daun dari tanaman tersebut.

Sementara itu,tidak semua tanaman sukulen memiliki duri pada bagian-bagian tertentu tanaman tersebut. Tanaman sukulen memiliki kelopak seperti dedaunan.

Sebagai intinya, perbedaan kedua tanaman tersebut tidak terlalu signifikan, maka dari itu perawatan yang diperlukan sebenarnya hampir sama.

Sumber: CNN

Shares: