News

Mengenang Kepahlawanan Pertempuran Laut Aru dari Atas Geladak KRI Banda Aceh

JAKARTA (popularitas.com) – TNI Angkatan Laut melaksanakan tabur bunga di geladak heli KRI Banda Aceh 593 yang lego jangkar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu, 15 Januari 2020. Tabur bunga ini dilaksanakan untuk mengenang peristiwa pertempuran Laut Arafuru atau lebih dikenal dengan Hari Dharma Samudera pada 15 Januari 1962 lalu.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji memimpin langsung upacara tabur bunga mengenang kepahlawanan Yos Soedarso tersebut.

Peringatan mengenang peristiwa tenggelamnya RI Matjan Tutul dalam pertempuran dengan kapal AL Belanda, dilaksanakan secara serentak dan bersamaan oleh seluruh prajurit TNI AL yang berdinas di KRI maupun Pangkalan.

“Kobarkan Semangat Pertempuran yang diserukan oleh Komodor Yos Sudarso mengiringi perlawanan RI Matjan Tutul menghadang armada musuh yang lebih unggul. KRI Matjan Tutul tenggelam secara ksatria sebagai kusuma bangsa,” kata Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dalam amanatnya seperti dilansir tni.mil.id.

Dia mengatakan pengorbanan Pahlawan Samudera itu menjadi martir bagi sentimen nasional untuk segera mengembalikan Irian Barat ke Republik Indonesia. “Dan berhasil diwujudkan pada 1 Mei 1963,” kata Kasal.* (RED)

Shares: