News

Mengintip dapur redaksi Dishub Aceh

Sekretaris Dinas Perhubungan Aceh T Rizki Fadhil, dan tim pengelola informasi saat sesi foto di 'dapur redaksi' Dishub Aceh. FOTO : Dishub Aceh

INFORMASI aktual, cepat dan update, senantiasa disajikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh. Lewat berbagai platform media sosial, seperti instagram, twitter, Facebook, tiktok, serta media internal, instansi itu menyiarkan ragam akvitas pelayanan publik yang dilakukan.

Sajian informasi yang disiarkan Dishub Aceh itu, timbulkan rasa penasaran tinggi bagi penulis, seperti apa mereka mengelola ‘dapur redaksi’nya. Selasa (11/10/2022), berkesempatan berkunjung ke kantor tersebut.

Secangkir kopi, dan kue disajikan saat ngobrol dan berbicara dengan Kepala Dishub Aceh, T Faisal. Pria yang saat itu kenakan seragam putih biru tersebut, berbicara banyak hal tentang pengelolaan informasi yang mereka sajikan.

Menurutnya, saat ini informasi merupakan hal penting yang mesti diketahui masyarakat secara luas. Dengan ketersediaan platform media sosial yang ada, ada ruang bagi pihaknya untuk mengisi ragam aktivias dan jenis informasi yang memang penting, dan harus diketahui oleh warga di daerah ini, terang T Faisal.

Untuk itu, dirinya tidak ingin menyajikan informasi hanya sebatas kerja saja. Namun harus serius, agar setiap pelayanan yang dilakukan oleh pihaknya dapat diketahui oleh masyarakat secara informatif. Karena itu, dirinya membentuk tim yang secara khusus mengelola setiap data, aktivitas layanan menjadi informasi layak saji kepada warga, paparnya.

Tim yang disiapkan Dishub Aceh sendiri, merupakan unsur ASN di intansi itu, terdapat juga pegawai kontrak, dan anak-anak magang dari kampus yang bergabung. 

Diruangan berukuran delapan kali delapan meter, yang lokasinya berada di lantai dua Kantor Dishub Aceh, terdapat satu meja berukuran besar. Persis disebelah sisinya, TV berukuran besar terpajang, beberapa komputer tampak menyala. Serentak keasyikan bekerja di tempat itu seketika terhenti, saat Sekretaris Dishub Aceh T Rizki Fadhil bersama menulis memasuki ruangan tersebut. “Ada tamu ini,” kata Pak Sekdis memperkenalkan kami berdua yang ikut masuk kedalam ‘dapur redaksi’.

Wajah-wajah anak muda, kutaksir usia mereka tidak ada yang diatas 30 tahun. Namun dari tatapan mata, dan raut muka saat sambut kami penuh dengan rasa bahagia. Tak tampak lelah, dan bahkan mungkin diantaranya ada yang belum istirahat.

Di ruang itu, T Rizki Fadhil memperkenalkan satu persatu tim pengelola informasi, sebagian diantara mereka bahkan ada yang mengaku punya sertifikat fotografer, dan bahkan pilot drone. Menurut orang nomor dua di Dinas Perhubungan Aceh itu, pihaknya juga membekali berbagai pengetahuan jurnalistik kepada timnya, bahkan sebagian besar sudah diikutsertakan dalam berbagai pelatihan di sejumlah media mainstream, seperti Kompas dan Tempo.

Dari sini, semua informasi dikelola, tugas-tugas pemberitaan di rencanakan, dan ditempat ini juga semua platforma media sosial Dishub Aceh dikontrol, terang T Rizki Fadhil. Ditempat ini juga pihaknya melahirkan Majalah tRansit, yang merupakan media cetak terbitan Dinas Perhubungan Aceh. Nah, tugas mereka ini tidak hanya sebatas menyajikan news saja, namun merespon dan menjawab tiap keluhan yang disampaikan warga lewat medsos.

Kepala Dishub Aceh, T Faisal kembali melanjutkan, dirinya secara langsung ikut memantau kerja-kerja Tim, dan memastikan setiap informasi yang disajikan memberikan nilai manfaat bagi pengguna jasa layanan yang dilakukan pihaknya.

Shares: