EkonomiNews

Mentan RI Akan Hadiri Bulan Bakti Peternakan Aceh 2018

Dinas Peternakan Aceh, akan menggelar kegiatan bulan bakti perternakan, pada 12-15 Juli 2018. Kegiatan ini akan dilangsungkan di Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara, dan menurut rencana akan dihadiri oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman.
Kepala Dinas Perternakan Aceh, drh Rahmandi, MSi

BANDA ACEH (popularitas.com) : Dinas Peternakan Aceh, akan menggelar kegiatan bulan bakti perternakan, pada 12-15 Juli 2018. Kegiatan ini akan dilangsungkan di Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara, dan menurut rencana akan dihadiri oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman. Hal ini disampaikan oleh, Kepala Dinas Perternakan Aceh, drh Rahmandi, MSi, kepada media ini, Jumat (6/7), di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan Bulan Bakti Perternakan Aceh, tersebut, terdapat beberapa kegiatan yang akan digelar, yakni, Expo ternak, pameran pembangunan pertenakan, asah terampil, cerdas cermat, dan juga lomba burung berkicau.

Dijelaskannya, Acara yang akan dipusatkan di Lapangan Desa Pulo Nas, Kecamatan Babussalam tersebut, mengusung tema, melalui kegiatan bulan bakti peternakan dan kesehatan hewan kita tingkatkan produksi dan produktivitas serta daya saing produk unggulan.

Untuk kegiatan expo ternak sendiri, lanjutnya, terdapat 14 kategori yang akan diperlombakan, yakni meliputi, kategori bebas sapi Aceh, sapi aceh jantan, sapi aceh betina, sapi brangus jantan, sapi brahman jantan, sapi brahman betina, sapi limousine jantan.

Selanjutnya, sapi limousine betina, sapi simental jantan, sapi simental betina, sapi bali jantan, sapi bali betina, kerbau jantan dan kuda jantan.

“Untuk expo ternak ini, total hadia yang diperebutkan untuk semua kategori mencapai Rp503 juta rupiah,” sebutnya.

Saat ini, kata kadis, kesiapan sudah mencapai 80 persen, dan saat dirinya ketemu dengan Menteri Pertanian di Jakarta, baliau memastikan akan hadir, jika tidak ada agenda mendadak rapat dengan presiden. “Kata Pak Menteri, jika tidak ada agenda mendadak beliau akan hadir,” katanya.

Kita berharap, dengan kehadiran pejabat pemerintah pusat dalam kegiatan ini, akan melahirkan program yang strategi dalam upaya pengembangan dan budidaya perternakan di provinsi ini.

Untuk peserta sendiri, jelasnya, saat ini sudah terdapat 18 kabupaten dan kota yang menyatakan siap untuk hadir, dan wilayah akan membawa 14 ekor ternak, untuk diikutsertakan dalam semua kategori lomba di expo ternak.

Melalui kegiatan ini, selain memperkenalkan varian sapi dan ternak unggul, pihaknya juga akan mengenalkan kepada petani tentang inovasi pakan ternak, yang saat ini sudah banyak digunakan. “Jadi tidak hanya sapi unggul yang kita tonjolkan, termasuk inovasi pakan ternak,” sebutnya. (SAKY)

Shares: