News

Menteri Perdagangan RI soroti harga cabai merah di Aceh yang mahal

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan, lakukan kunjungan kerja ke Pasar Al Mahira, Banda Aceh, Jumat (19/8/2022). Saat berada di sana, Ketua Umum PAN tersebut, soroti mahalnya harga cabai merah yang mencapai Rp120 ribu.
Menteri Perdagangan RI soroti harga cabai merah di Aceh yang mahal
Menteri Perdangan RI, Zulkifli Hasan saat kunjungi pasar Al Mahirah, Lamdingin, Banda Aceh, pada Jum'at (19/8/2022). FOTO : popularitas.com/Riska Zulfira

POPULARITAS.COM – Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan, lakukan kunjungan kerja ke Pasar Al Mahira, Banda Aceh, Jumat (19/8/2022). Saat berada di sana, Ketua Umum PAN tersebut, soroti mahalnya harga cabai merah yang mencapai Rp120 ribu.

“Harga cabai merah di sini sangat mahal, namun barang kebutuhan lainnya normal,” katanya.

Selain cabe merah, Sambung Zulhas, karib Mendag RI itu disebut, harga pangan lainnya di daerah ini relatif lebih murah dibandingkan di Pulau Jawa. “Disini ada beberapa yang lebih mahal dari pulau Jawa, tetapi mayoritasnya lebih murah disini, padahal bawang merahnya unggul nomor satu,” katanya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa harga bawang merah di Pasar Al Mahirah berkisar Rp 30 ribu perkilogram, dan ni harga lebih murah.”Seperti bawang merah disini Rp 30 ribu per kilogram,” ucapnya.

Berdasarkan amatan popularitas.com, saat mengunjungi pedagang, Mendag juga ikut membantu membayarkan jumlah komoditi yang dibeli oleh pembeli.

Lebih lanjut,  Mendag menyebutkan selain harga bawang merah murah, harga ayam potong juga masih relatif murah yakni Rp 30 ribu per kilogram, Artinya, suplai ayam ras di Aceh berlebih.

“Kalau minyak curah Rp 14 ribu per kilogram, dan saya kira itu harganya stabil, ” ucapnya.

Adapun demikian, Zulkifli menuturkan agar Wali Kota Banda Aceh dapat membantu pedagang untuk memanfaatkan digitalisasi dalam menjual barangnya supaya lebih maju.

“Ini pak Wali Kota dapat membantu, agar orang lain dapat berbelanja disini, yang lagi di rumahpun bisa ikut berbelanja melalu platform digital yang datang belanja yang engga datang juga belanja, jadi omzet pedagang bertambah dan juga maju,” katanya.

Sementara itu, salah satu pedagang bahan pangan di Pasar Al Mahirah, Aulia mengatakan kaget atas kunjungan Menteri Perdagangan ke kiosnya.  “Alhamdulillah tadi waktu kunjungan menteri banyak laku,  dan beberapa ibu-ibu tadi juga ikut dibayar oleh bapak Menteri,” ucapnya.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: