News

Mobil Tangki Pertamina Tabrak Pejalan Kaki di Aceh Barat

Mobil Tangki Pertamina Tabrak Pejalan Kaki di Aceh Barat. (ist)

POPULARITAS.COM – Mobil tangki milik Pertamina dengan nomor polisi BL 9553 AN menabrak pejalan kaki di Jalan Meulaboh – Nagan Raya, tepatnya di Desa Meureubo, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (8/9/2020) pukul 05.00 WIB.

Direktur Lalu-lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, akibat kecelakaan itu, pejalan kaki bernama Andri Manto (61), warga Desa Ranto Panyang Timur, Kecamatan Meurubo, Aceh Barat meninggal di lokasi kejadian.

“Sementara mobil tangki dikemudi oleh Sayed Murtala, warga Lhokseumawe dan mengalami lecet-lecet pada tangan dan memar pada bagian badan sebelah kiri,” ujar Dicky dalam keterangannya saat dikonfirmasi wartawan di Banda Aceh, Selasa (8/9/2020).

Ia menjelaskan, sebelum kejadian, mobil tangki Pertamina tanpa muatan melaju dari arah Naga Raya menuju Meulaboh. Sementara pejalan kaki berada di pinggir jalan sebelah kiri, juga menuju arah Meulaboh.

Saat mobil akan melintasi Desa Meureubo, pengemudi mobil diduga dalam keadaan mengantuk sehingga mengakibatkan mobil yang dikemudikannnya hilang kendali dan melaju ke sebelah kiri jalan.

“Sehingga langsung menabrak pejalan kaki dan juga pagar rumah warga yang berada di sekitar lokasi laka lantas,” jelas Dicky.

Dicky menambahkan, karena menabrak pagar warga, mobil tangki Pertamina mengalami rusak pada bagian depan. Dalam kejadian ini, pengemudi dikenakan Pasal 310 ayat (4) Undang-undang RI No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Kesimpulannya, akibat kelalaian pengemudi mobil tangki Pertamina yang mengemudikan kendaraannya dalam keadaan mengantuk sehingga mengakibatkan terjadinya laka lantas,” pungkasnya.

Editor: dani

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: