News

Momen Lebaran Pasien Kecelakaan Meningkat Pesat di RSUDZA

Bocah di Aceh Timur meninggal usai ditabrak truk
Ilustrasi kecelakaan. Foto: Internet

BANDA ACEH (popularitas.com) – Momen lebaran punya cerita lain di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abibidin (RSUDZA). Jumlah pasien yang datang dan dirujuk dari daerah meningkat pesat. Kebanyakan pasien mengalami kecelakaan lalulintas.

Namun, meningkatnya jumlah pasien itu tidak membuat pihak RSUDZA menambah tenaga medis dan perawat.

“Masih bisa ditangani dengan tenaga yang ada rutin seperti biasa,” kata Kepala Bidang Humas RSUZA, Rahmadi, Senin, 10 Juni 2019.

Dia menyebutkan, meningkatnya pasien kecelakaan yang dirawat di RSUDZA dikarenakan rumah sakit daerah kabupaten/kota banyak yang merujuk pasien ke Banda Aceh.

“Kebanyakan pasien yang kita tangani rujukan dari daerah tingkat dua,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, pasien rujukan daerah itu sebagian masih ada yang dirawat inap. Sementara beberapa lainnya sudah bisa berobat jalan saja.

RSUDZA sebelum libur lebaran kemarin juga sudah mempersiapkan dokter dan perawat yang stand by bertugas.

“Ada tenaga on call ya. Selain memang ada tenaga yang tersedia di tempat. Yang on call itu tenaga back up apabila tenaga yang ada itu berhalangan,” kata Rahmadi.

Sejauh ini, paparnya, dengan meningkatnya pasien di RSUDZA masih bisa ditangani dengan baik. Ketersediaan kamar untuk pasien pun tercukupi.

“Soal ruangan agak aman sejauh ini. Artinya, dari standar yang kita lihat kemarin itu misalnya, kasus kecelakaan di gunung Geurute yang masuk sekaligus sembilan orang semuanya tertangani,” pungkasnya. (ASM)

Shares: