News

Tak Hanya di Aceh Selatan, Abu Vulkanik Sinabung Tembus ke Simeulue

Ilustrasi, Seorang warga menunjukkan satu unit mobil yang diselimuti abu vulkanik di kota Sinabang, Simeulue. IST

BANDA ACEH (popularitas.com) – Abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu 6 Juni 2019 sore turut berdampak sejumlah kabupaten di Aceh. Bahkan, debu berbahaya tersebut berterbangan hingga ke Pulau Simeulue.

Seperti diketahui, jarak antara Kabupaten Aceh Selatan dengan Kabupaten Simeulue lebih kurang 180 Kilometer. Sedangkan jarak Aceh Selatan- Sumatera Utara lebih kurang 150 km. Kabupaten Simeulue merupakan daerah kepulauan yang dibatasi laut lepas dengan daratan Sumatera.

“Kabupaten yang terdampak adalah Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Kabupaten Simeulue. Itu mulai terlihat sekitar pukul 20.00 WIB tadi malam,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek, Senin 10 Juni 2019.

BACA: Debu Sinabung Sampai Ke Aceh, Ini Yang Harus Dilakukan Warga

Seorang warga menunjukkan satu unit mobil yang diselimuti abu vulkanik di kota Sinabang, Simeulue. IST

Dadek mengimbau warga Aceh terdampak debu vulkanik untuk melakukan tindakan pencegahan dengan mengurangi aktivitas di luara ruangan agar tak sampai terhirup karena akan membahayakan kesehatan baik anak-anak maupun orang dewasa.

Abu vulkanik, katanya, dapat menimbulkan keluhan pernapasan apalagi orang yang ada penyakit paru-paru. “Gunakan masker untuk mengurangi masuknya debu ke dalam saluran pernapasan,” kata Dadek.

Selain itu, warga diminta menghindari mengemudi di wilayah yang mulai terdampak abu vulkanik serta menyarankan agar membasahi atau memberi percikkan air untuk menghindari berbagai partikulat yang terbang dan mengakibatkan iritasi mata. (RED)

Shares: