News

Begini Tingkat Kehadiran Pegawai di Pemerintahan Aceh Usai Libur Lebaran

Ilustrasi ASN. Foto: ant

BANDA ACEH (popularitas.com) – Tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Aceh pada hari pertama kerja usai libur lebaran, tinggi. Sampai saat ini belum ditemukan ASN yang membolos.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Rahmad Raden menyebutkan hari pertama masuk kerja di kantor Gubernur Aceh, para pegawai seperti biasanya mengikuti apel bersama. Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah turut hadir.

“Tingkat kehadiran pegawai sangat tinggi. Belum ada laporan yang kita terima, pegawai yang tidak datang tanpa keterangan,” kata Rahmad Raden, Senin, 10 Juni 2019.

Dia mengatakan, secara rekap kehadiran pegawai di lingkungan Kantor Gubernur Aceh memang belum dikantongi, dikarenakan usai apel bersama itu rombongan Sekretaris Daerah (Setda) Aceh langsung melakukan sidak ke berbagai instansi Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA).

“Beberapa dinas tadi kita lakukan Sidak. Saya mendampingi pak Setda tadi, jadi belum mengetahui lebih jauh rekap kehadiran pegawai,” ujarnya.

Dia menyebutkan, hasil Sidak ke beberapa SKPA ditemukan adanya pegawai setempat yang tidak masuk kantor hari pertama usai libur lebaran.

Namun, pegawai tersebut memang tidak datang punya alasan yang jelas. Kebanyakan sedang dalam kondisi sakit.

“Ada pegawai yang kita temukan tidak datang, tapi alasannya jelas. Ada yang sedang sakit, opname di rumah sakit karena kecelakaan. Ada juga yang memang sedang cuti melahirkan,” paparnya.

Ia menambahkan, jika nanti ditemukan ASN sengaja membolos tanpa keterangan yang jelas, secara tegas akan dikenakan sanksi.

“Akan kita tindak tegas kalau memang ada. ASN sanksinya akan kita potong TPK 50 persen. Kalau anak kontrak, akan sangat kita pertimbangkan untuk kelanjutan kontrak dia tahun depan,” pungkasnya. (ASM)

Shares: