News

MPU Aceh Minta Ulama Edukasi Masyarakat Tentang Vaksin Sinovac

Gubernur Aceh Dua Kali Vaksin Namun Masih Kena Covid, mengapa bisa?
Petugas kesehatan menyuntik vaksin Sinovac kepada Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di RSUD dr Zainoel Abidin, Banda Aceh, Jumat (15/1/2021). (Muhammad Fadhil/pupularitas.com)

POPULARITAS.COM – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk Faisal Ali meminta kepada ulama dan MPU kabupaten/kota mengedukasi masyarakat tentang vaksin Sinovac yang halal dan aman digunakan. Sosialisasi bisa dilakukan melalui khutbah Jumat dan kegiatan keislaman lainnya.

“Bisa saja (melalui khutbah), karena apa yang telah disampaikan tadi, kita berharap ini disampaikan kepada masyarakat, terserah media apapun yang bisa dilakukan, misalnya bisa digunakan melalui khutbah Jumat atau ceramah-ceramah lain,” ujar Faisal Ali kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa (19/1/2021).

Menurut Faisal Ali, yang sangat penting dalam sosialisasi tersebut adalah pembekalan kepada anggota MPU di kabupaten/kota tentang vaksin tersebut. Sehingga, mereka bisa melakukan sosialisasi di masyarakat tingkat kabupaten/kota hingga perdesaan.

“Dengan mereka sudah terbekali, mereka sudah tahu, karena sebagaimana kami sampaikan bahwa sebagian anggota MPU itu menuntut kita untuk menfatwa. Tapi dengan sebab hari ini, kita sudah sampaikan kenapa kita tidak bisa menfatwa, bagaimana ini itu, mereka sudah paham,” jelas Faisal Ali.

Dalam kesempatan itu, Faisal Ali kembali menegaskan bahwa MPU Aceh dan para ulama sudah sepakat vaksin Sinovac halal dan suci untuk digunakan. Menurutnya, hal ini tak perlu lagi diperdebatkan.

MPU Aceh dalam konteks halal dan suci itu untuk mempercayai pada pernyataan hukum yang telah dikeluarkan oleh MUI pusat. Dan terkait dengan keamanan kita serahkan kepada ahli yang ada kita di sini untuk menyampaikan (kepada masyarakat),” ujarnya.

“Harapan kita kepada masyarakat Aceh agar masyarakat harus tentram dan aman, tidak perlu merespon sesuatu yang tidak ada dasarnya, menjaga kebersamaan kita. Jangan karena ada sesuatu yang kita tidak paham yang membuat kita jauh dengan nilai-nilai kenenaran itu sendiri,” pungkas Faisal Ali.

Sebelumnya, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta kepada Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) untuk meyakinkan masyarakat di Tanah Rencong bahwa vaksin Sinovac halal dan aman digunakan.

Hal itu disampaikan Nova kepada wartawan usai menghadiri silaturahmi ulama membahas penjelasan Fatwa MUI tentang Vaksin Covid-19 di Aula Serbaguna Kantor Gubernur, Selasa (19/1/2021).

“MPU hari ini mengupas fatwa MUI itu untuk lebih meyakinkan vaksin Sinovac itu memang halal. Kita berharap tidak berhenti di sini, MPU meneruskan kepada masyarakat, kita tahu ulama itu kan panutan masyarakat,” ujar Nova.

Editor: dani

Shares: