News

Muktamar IDI dongkrak ekonomi masyarakat Pasca Pandemi

Perhelatan Muktamar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), sukses terlaksana, dan acara yang berl
Muktamar IDI dongkrak ekonomi masyarakat Pasca Pandemi
Para Delegasi Muktamar XXXI Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membawa oleh-oleh souvenir produk kerajinan khas Aceh saat hendak pulang ke daerah masing-masing di VVIP Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, Minggu, (27/3/2022).

POPULARITAS.COM – Perhelatan Muktamar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), sukses terlaksana, dan acara yang berlangsung pada 22-25 Maret 2022 itu, memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat di provinsi ujung barat Sumatera ini.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh, Muhammad Iswanto, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/3/2022) di Banda Aceh.

“Alhamdulillah, acara sudah selesai, dan ribuan dokter dari penjuru nusantara sudah pulang ke daerah asal. Catatan pentingnya, Aceh sukses jadi tuan rumah yang baik,” katanya.

Hal penting lainnya dari kegiatan itu adalah geliat ekonomi masyarakat, ucapnya lagi. Hal itu ditandai dengan kehadiran ribuan dokter ke Banda Aceh, telah mendorong berbagai sektor bergerak, seperti perhotelan, kuliner, UMKM, dan juga sektor lainnya.

Kehadiran para peserta muktamar usai melaksanakan berbagai kegiatan, ribuan dokter itu juga menyempatkan waktu, untuk liburan, dan untuk menikmati suasana Aceh.

Mereka mengunjungi berbagai lokasi yang menjual kuliner dan souvenir khas Aceh. Mereka juga mengunjungi sejumlah lokasi wisata yang tersebar di kawasan Banda Aceh, Aceh Besar hingga Kota Sabang.

“Berkaca pada pengalaman, setiap even-event besar yang berlangsung di Aceh tentu selalu memberi kontribusi positif bagi perekonomian masyarakat, terutama pedagang dan pengelola lokasi wisata,” kata Iswanto.

Iswanto menyebut contoh, kedatangan para peserta Muktamar IDI telah membuat hotel-hotel di Banda Aceh penuh. Padahal sebelumnya kondisi perhotelan disebut relatif sepi lantaran belum berakhirnya pandemi Covid-19.

Hal yang sama juga terlihat di sejumlah pusat penjualan makanan khas Aceh di Banda Aceh yang banyak dipenuhi para dokter peserta muktamar IDI.

“Ini tentunya merupakan hal positif yang patut kita syukuri. Semoga kedepan akan selalu ada event-event nasional yang digelar di Aceh sehingga memberikan hasil positif bagi Aceh,” kata Iswanto.

Sementara itu, dampak positif dari pelaksanaan Mukmatar IDI di Aceh juga dirasakan pelaku wisata di Kota Sabang. Hal itu terlihat dari jumlah penumpang kapal cepat maupun kapal lambat dari Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh menuju Sabang diakui mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

T. Rahmat Iqbal, pelaku wisata di Sabang menyebutkan para tamu Muktamar IDI juga mengunjungi Sabang yang secara otomatis sabang menguntungkan pelaku wisata seperti dirinya.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: