NewsOlahraga

Myanmar buat kejutan, hajar Australia 3-2

Myanmar buat kejutan, hajar Australia 3-2
Ilustrasi, pesepak bola Indonesia U19 Mikael Alfredo Tata (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Myanmar U19 Myo Min Hein (kiri) dan Chit Aye (tengah) dalam laga penyisihan grup Piala AFF U19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

POPULARITAS.COM – Tim nasional U-16 Myanmar membuat kejutan di Piala AFF U-16 2022 dengan mengalahkan Australia dengan skor 3-2 pada laga perdana mereka di Grup C di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Selasa (2/8/2022).

Myanmar bahkan unggul dua gol terlebih dahulu atas tim juara Piala AFF U-16 tahun 2008 dan 2016 itu berkat gol gelandang Sao Myo Zaw (3′) dan penyerang Shine Wanna Aung (24′).

Australia yang pantang menyerah kemudian membuat laga sama kuat 2-2 via gol bek Luke Coveny (39′) dan sang kapten Miguel Di Pizio (44′).

Sama kuat sampai turun minum, kedua tim berusaha menghadirkan gol pada babak kedua. Pelatih Myanmar, Aung Zaw Myo kemudian memasukkan penyerang Pyae Sone Aung untuk menggantikan Kaung Htet.

Strategi pergantian itu berbuah manis. Pyae Sone Aung sukses memanfaatkan peluang dan melesakkan gol ketiga untuk Myanmar.

Setelah itu, Myanmar bertahan dengan baik dan membuat Australia melewatkan laga tanpa mengantongi poin. Myanmar, kampiun Piala AFF U-16 tahun 2002 dan 2005, menang dengan skor 3-2.

Dengan demikian, Myanmar memimpin klasemen sementara Grup C Piala AFF U-16 2022 dengan tiga poin dari satu laga. Australia berada di posisi keempat atau terbawah.

Sementara dua tim lain di Grup C yakni Malaysia dan Kamboja baru akan berlaga pada Selasa (2/8) mulai pukul 19.00 WIB di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Piala AFF U-16 2022, yang berlangsung pada 31 Juli-12 Agustus, diikuti oleh 12 negara yang dibagi ke dalam tiga grup.

Grup A dihuni Indonesia, Vietnam, Filipina dan Singapura. Grup B beranggotakan Thailand, Timor Leste, Laos dan Brunei Darussalam, lalu di Grup C ada Malaysia, Australia, Myanmar dan Kamboja.

Agar lolos ke semifinal, tim peserta harus menjadi juara grup atau menduduki peringkat kedua terbaik fase grup.

Nantinya, di semifinal, juara Grup A akan melawan juara Grup C, sementara pemuncak Grup B akan menghadapi peringkat kedua terbaik fase grup. (ant)

Shares: