News

Ombudsman Minta Pemerintah Tegas Minta Warga Isolasi Diri

Ombudsman Minta Pemerintah Tegas Minta Warga Isolasi Diri
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Gorontalo, Alim Niode. ANTARA/Adiwinata Solihin

JAKARTA (popularitas.com) – Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Gorontalo, Alim Niode meminta kepada pemerintah daerah se Provinsi Gorontalo untuk tegas meminta masyarakat mengisolasi diri di rumah dan mengurangi aktivitas di luar ruangan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

“Masyarakat Gorontalo adalah masyarakat yang manut ke atas (pemimpin) secara kultural, oleh karena itu pemerintah perlu tegas memerintahkan agar masyarakat mengisolasi diri dalam rumah,” ujarnya di Gorontalo, Selasa (24/3/2020).

Alim mengaku bersyukur jika saat ini Provinsi Gorontalo adalah salah satu daerah di Sulawesi yang belum ada dan berharap tidak warga yang positif terinfeksi corona.

Menurut dia saat ini Gorontalo masih dalam level pasien dalam pemantauan (PDP) dan ia menilai masyarakat hingga saat ini jarak antar orang masih bersentuhan langsung di pusat keramaian maupun warung makan.

“Memang sudah sedikit berubah pola dari masyarakat untuk berkumpul tapi masih perlu penekanan dari kepala daerah,” tegasnya.

Ia menyebut perlu adanya koordinasi lintas kabupaten dan kota se Provinsi Gorontalo melalui Gubernur untuk langkah yang sistematik untuk penanganan pencegahan corona.

“Karena setiap kabupaten dan kota secara kontekstualnya baik kondisi alam dan demografisnya, Gorontalo Utara contohnya ada empat pintu gerbang perlintasan masuk keluar, yaitu perbatasan Atinggola, Buol dan dua pelabuhan yaitu Anggrek dan Kwandang,” ucapnya.

Di sisi lain, Alim Niode mengapresiasi langkah yang telah diambil oleh pemerintah daerah yang telah mengeluarkan edaran untuk menghentikan aktivitas belajar di sekolah dan menggantinya di rumah.

Alim pun meminta masyarakat dapat berperan untuk bersama-sama mencegah penyebaran corona di Gorontalo.[ANT]

Shares: