News

Ormas Islam di Lhokseumawe Tolak Kompetisi Sepak Bola Pelajar Putri

LHOKSEUMAWE (popularitas.com) – Forum Komunitas Ormas Islam dan OKP Pendukung Syariat Islam Kota Lhokseumawe menolak kegiatan seleksi Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora untuk remaja putri 2019 U-14, U-16 dan U-17, yang sedang berlangsung di Stadion PT Perta Arun Gas, Batuphat. Mereka berdalih kegiatan tersebut melanggar Syariat Islam serta bertolak belakang dengan kearifan lokal Aceh.

“Kami menolak kegiatan kompetisi tersebut, karena bertentangan dengan penegakan Syariat Islam dan tidak sesuai adat istiadat masyarakat Aceh,” ujar Tgk Sulaiman Lhokweng, koordinator Forum Komunikasi Ormas Islam dan OKP Pendukung Syariat Islam Kota Lhokseumawe, saat menggelar aksi penolakan di pelataran Islamic Center, Lhokseumawe, Kamis, 4 Juli 2019.

Forum tersebut juga menilai keterlibatan remaja putri dalam kompetisi merupakan bagian eksploitasi wanita Aceh. Oleh sebab itu, mereka menuntut panitia penyelenggara lokal, Pemerintah Aceh dan pihak terkait lainnya, terutama Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLSPI) Aceh untuk segera menghentikan kompetisi.

“Kami menuntut Gubernur Aceh segera menghentikan kegiatan olaharaga yang merusak harkat martabat, dan marwah wanita Aceh itu. BLSPI tidak boleh mengirim delegasi Aceh ke tingkat nasional. Bila tuntutan ini tidak dipenuhi, kami akan melakukan aksi sampai lomba benar-benar dihentikan,” tegasnya.

Pihaknya juga menuntut BLSPI agar meminta maaf kepada masyarakat Aceh, “karena telah menggelar kompetisi yang sangat bertentangan dengan budaya, adat dan istiadat masyarakat yang menjunjung tinggi penegakan Syariat Islam.”*(C-004)

Shares: