News

Pagi ini, jemaah haji Aceh kloter terakhir terbang ke Arab Saudi

393 jemaah haji Aceh kloter dua menuju Madinah
Ilustrasi, 393 jemaah haji Aceh kloter dua menuju Madinah, Kamis (25/5/2023). Foto: PPIH Aceh

POPULARITAS.COM – Jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-12 akan berangkat ke Arab Saudi, Senin (19/6/2023) pagi ini.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari mengatakan, jemaah kloter 12-BTJ akan diberangkatkan dengan maskapai Garuda Indonesia dari Bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ) menuju Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz (MED) Madinah jam 04.05 Waktu Indonesia Barat.

Menurut Azhari, jemaah kloter 12-BTJ diperkirakan akan tiba di Madinah pada jam 07.40 Waktu Arab Saudi. Dari bandara mereka akan dibawa ke penginapan untuk istirahat, dan kemudian diberangkatkan ke Mekah dengan bus untuk melaksanakan umrah wajib sebagai rangkaian pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 ini.

“Jemaah kloter 12 akan diberangkatkan ke Madinah. Sampai di Madinah mereka istirahat dan bersiap-siap untuk berangkat ke Mekah menggunakan bus. Seperti kloter sebelumnya, jemaah kloter 12 juga mengambil miqat di Zulhulaifah atau biasa disebut dengan nama Bir Ali,” kata Azhari, Minggu (18/6/2023) malam.

Setelah melaksanakan rukun dan wajib haji di Mekah, jemaah kloter 12-BTJ akan diberangkatkan kembali ke Madinah untuk melaksanakan salat arbain. Arbain adalah melaksanakan salat fardu sebanyak 40 kali di Mesjid Nabawi, secara berjamaah berturut-turut tanpa terputus.

Selain melaksanakan arbain, jemaah haji juga melakukan beberapa kegiatan lain seperti melakukan ziarah ke makam Rasullulah saw dan tempat-tempat bersejarah yang ada di kota Madinah.

Jemaah kloter 12-BTJ merupakan jemaah campuran dari 19 kabupaten dan kota di Aceh selain Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Tenggara, Gayo Lues dan Kota Sabang. Semuanya berjumlah 258 jemaah. Mereka juga didamping 4 petugas kloter dan 3 Pemandu Haji Daerah.

Dari 258 jemaah tersebut, kata Azhari, sudah termasuk 183 jemaah kuota tambahan dan 5 jemaah yang ditunda berangkat bersama kloter sebelumnya, yaitu Supriadi Paimin (kloter 03-BTJ), Ibrahim Ali (kloter 04-BTJ), Dessy Susanti Hasballah dan Nurbaiti M Juned (kloter 09-BTJ) serta Aisyah Abdurrahman (kloter 10-BTJ).

Sebelumnya, dalam laporan PPIH Embarkasi Aceh pada pelepasan kloter 01-BTJ, Azhari menyatakan bahwa Provinsi Aceh tahun ini mendapatkan jatah kuota
sebanyak 4.378 jemaah. Kemudian, ada tambahan kuota dari Arab Saudi untuk Indonesia sebanyak 8 ribu jemaah, dan jemaah Aceh bertambah 183 orang lagi.

“Kuota jemaah haji untuk Aceh awalnya sebanyak 4.378 jemaah. Kemudian dari delapan ribu kuota tambahan yang diberikan Arab Saudi untuk Indonesia, ada 183 jemaah untuk Aceh. Dengan 4.303 jemaah yang sudah berada di Arab Saudi dan 258 jemaah kloter 12, kalau dijumlah jemaah kita semua sebanyak 4.561 orang,” kata Azhari.

Shares: