News

Pakar Paru Bahas Pandemi Covid-19 di Aceh

Pertemuan Ilmiah Respirasi Aceh (PIRA) membahas penanganan Covid-19, berlangsung di salah satu hotel di Banda Aceh, Sabtu (19/6/2021). (Istimewa)

POPULARITAS.COM – Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Aceh menggelar pertemuan ilmiah yang bertajuk “Dancing in the Rain During COVID 19 Pandemic” di salah satu hotel di Banda Aceh, Sabtu (19/6/2021).

Kegiatan yang akan berlangsung hingga Minggu (20/6/2021) besok ini, merupakan agenda tahunan yang digelar oleh PDPI Aceh bekerjasama dengan IDI Aceh, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala dan RSUDZA.

Ketua panitia pelaksana, dr. Ferry Dwi Kurniawan, Sp.P (K), PhD, FAPSR mengatakan, kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah pakar sebagai pemateri, salah satunya Prof Bulent Kukurtcu dari Spanyol.

“Acara ini menghadirkan narasumber lokal, nasional maupun internasional yang bertujuan untuk menambah ilmu bagi seluruh dokter paru maupun dokter umum yang bertugas di Aceh terutama saat menghadapi pandemi COVID-19,” kata Ferry dalam keterangannya, Sabtu (19/6/2021).

Ferry menjelaskan, pertemuan itu mengupas seputar penyakit paru dan bagaimana penanganannya di tengah pandemi.

Menurutnya, banyak hal yang  perlu diadaptasi bagaimana penanganan penyakit paru seperti Asma, PPOK, TB, kanker paru, dan terapi non farmakologi penanganan COVID-19.

“Acara ini juga menjadi ajang mengasah ketrampilan penggunaan alat Ventilasi Non Invasif (Non Invasive Ventilation) yang sangat berperan penting dalam penanganan COVID-19 dalam sesi workshop,” ucapnya.

Ferry menambahkan, acara ilmiah berupa symposium itu dilaksanakan secara daring yang dihadiri 496 peserta yang tersebar selain di Aceh juga di Sumatera dan Jawa.

Workshop yang dihadiri secara terbatas berlangsung di Banda Aceh.

“Acara dilaksanakan dengan menjalani protokol kesehatan dengan optimalisasi presentasi dan tanya jawab secara daring (dalam jaringan) selama 2 hari serta workshop yang dihadiri  dokter spesialis paru dan dokter umum yang tersebar di Aceh,” katanya.

Selain pertemuan ilmiah, juga dilakukan pelantikan pengurus PDPI Aceh periode 2021-2024 oleh dr.Chaidir Djafar sebagai representatif IDI Aceh.

Amanah kepengurusan diserah terimakan dari dr. Teuku Zulfikar, Sp.P (K), FISR kepada  dr. Ferry Dwi Kurniawan, Sp.P (K), PhD, FAPSR sebagai ketua PDPI Aceh yang baru.

Dalam kesempatan itu, Ferry menyebutkan, dengan kebersamaan dan semangat menghadapi pandemik COVID-19, dokter paru sebagai garda terdepan berperan sangat penting dalam penanganan COVID-19.

Kata dia, dokter paru diharapkan dapat selalu update penanganan COVID-19 yang terus termutakhirkan dan tetap menjaga kesehatan. Dengan sudah tersebarnya dokter paru di seluruh wilayah Aceh diharapkan penanganan COVID-19 dapat lebih optimal.

Selain penanganan di fasilitas kesehatan, katanya, juga diharapkan pencegahan secara aktif  bagaimana rantai penularan COVID-19 diputuskan.

“Semua ini perlu kerja sama dan partisipasi aktif tenaga kesehatan, pemerintah daerah dan masyarakat sehingga pandemik dapat segera berakhir,” ujar Ferry.

Editor: dani

Shares: