PAN Aceh siapkan 25 ribu saksi untuk hadapi Pemilu 2024

POPULARITAS.COM – DPW PAN Aceh menyiapkan sebanyak 25 ribu orang saksi dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 mendatang, mereka nantinya ditempatkan ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Aceh.

“Saksi dalam sebuah kontestasi politik sangat penting untuk mengawal proses perhitungan suara dan hasilnya dapat berjalan baik,” kata Ketua DPW PAN Aceh Mawardi Ali, di Banda Aceh, Jumat (16/9/2022).

Dalam rangka penguatan saksi, DPW PAN Aceh melaksanakan pelatihan saksi cerdas Pemilu 2024 kepada 92 Badan Saksi dari seluruh kabupaten/kota di Aceh. Setelah ini mereka wajib mengaplikasikannya kepada saksi di daerah masing-masing.

Mawardi menyampaikan, saksi merupakan salah satu kekuatan partai saat proses Pemilu berlangsung, karena itu jasa mereka sangat dibutuhkan, apalagi dengan sistem pemilu yang belum jelas, terutama di Aceh.

Mawardi menyebutkan, 25 ribu saksi yang disiapkan tersebut nantinya bertugas lebih kurang di 10 ribu TPS yang ada di Aceh, di mana masing-masing lokasi ditempatkan dua orang saksi dan bisa lebih.

“Meskipun memang secara undang-undang saksi hanya boleh ada di TPS dua orang, tapi kita bisa juga menempatkan di luar itu,” ujarnya.

Mawardi menuturkan, DPW PAN Aceh melakukan penguatan saksi juga untuk menghindari hal yang tak diinginkan seperti yang telah dialami pada pesta demokrasi 2019 sebelumnya. Sehingga kehilangan banyak suara.

“Pemilu lalu PAN bermasalah dengan saksi, beberapa TPS tidak punya saksi, suara dari 21 menjadi 17, dari 75 menjadi 25, itu karena memang saksinya kurang berjalan,” katanya.

Terkait pembiayaan, kata Mawardi, saat ini pihaknya tidak memiliki kendala lagi karena memang beban tersebut sudah ditanggung BSN (Badan Saksi Nasional). Artinya tidak lagi dibebankan ke partai sepenuhnya.

Dalam kesempatan ini, Mawardi menegaskan, pendidikan saksi cerdas dilakukan bukan semata-mata hanya untuk merebut kemenangan atau kekuasaan. Tetapi bagaimana PAN harus mampu merubah Pemilu di Aceh lebih baik dan berkualitas.

“Kalau saksi tidak kuat maka kita tidak bisa memenangkan Pemilu, tetapi kalau saksi kita kuat maka insyaallah PAN Aceh akan memenangkan pemilu 2024 nanti,” demikian Mawardi Ali.

Comments
Loading...