News

Pangdam IM : TNI serukan rakyat bantu korban gempa Sulteng

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyerukan kapada seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan saudara-saudara kita yang saat ini sedang tertimpa musibah.

SABANG (popularitas.com): Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyerukan kapada seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan saudara-saudara kita yang saat ini sedang tertimpa musibah.

Mereka yang kini sedang dilanda musibah gempa bumi dan Tsunami yang terjadi di Sulawasi Tengah sangat membutuhkan pertolongan dan bantuan.
Semoga kekuatan dan ketabahan menyertai saudara-saudara kita dalam upaya memulihkan kondisi sebagaimana sedia kala.
Demikian disampaikan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko saat membacakan amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam
upacara peringatan HUT TNI ke-73,Tahun 2018, di Kota Sabang, yang dipusatkan di pelabuhan Container Terminal 3 (CT-3) BPKS, Jumat (5/10/2018).

Dikatakan, saat ini yang telah dilakukan masyarakat Indonesia dan juga TNI, baik dalam bentuk bantuan fisik maupun doa diharapkan dapat meringankan musibah dan mempercepat upaya pemulihan.

“TNI bersama komponen bangsa lainnya telah bahu membahu, berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita saudara kita (di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong),”sebutnya.

TNI telah mengerahkan personil dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan serta memulihkan sarana prasarana secara bertahap.

Apa yang dilakukan TNI di lokasi bencana, merupakan perlambang profesionalisme TNI. Hal itu sesuai dengan tema HUT TNI tahun ini, yaitu “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”.

Tema itu, katanya, mengandung makna bahwa TNI harus senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai pendidikan, pelatihan, persenjataan, Alutsista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh negara. “Semua itu semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia, bersama rakyat TNI kuat,” kata Pangdam.

Pesan lainnya juga dikatakan, prajurit TNI diminta meningkatkan kewaspadaan dan profesionalisme karena setiap saat tugas selalu menanti, menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI.

Mantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan, dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. Janganlah terpancing emosi dan upaya-upaya melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama pentahapan pemilu.

“Untuk itu jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini,”tutupnya.

Pada peringatan upacara HUT TNI ke73, Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, bergerak sebagai Inspektur Upacara.

Sedangkan menjadi Komandan Upacara yakni Letkol Elektronika Ery Transito, yang menjabat Komandan Satuan Radar (Dansatrad) 233 Sabang.
Hadir dalam upacara itu, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Wali Kota Sabang Nazaruddin, Kasdam IM, para pejabat Kodam IM, Danlal Sabang, Danlanud SIM, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar, mantan Wagub Aceh, Muzakir Manaf serta pejabat SKPA lainnya.

Usai upacara Pangdam IM melakukan proses potong tumpeng sebagai simbol syukuran HUT ke-73 TNI. Selanjutnya para tamu yang hadir dihibur dengan penampilan Tari Saman dari masyarakat Gayo Lues dan prajurit TNI juga unjuk kebolehan lewat tarung beladiri militer (BDM) Yong Moodo. (MD HANDAYA)

Shares: