News

Pangdam: Penerimaan prajurit karier utamakan putra asli Aceh

Pangdam: Penerimaan prajurit karier utamakan putra asli Aceh
Prajurit TNI AD berkumpul di lapangan terbuka seusai melakukan Lantacab YTP/DJ Kodam Iiskandar Muda di daerah pedalaman kota Jantho, kabupaten Aceh Besar, Rabu (6/7/2022). ANTARA FOTO/Ampelsa.

POPULARITAS.COM – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Mohamad Hasan menegaskan bahwa penerimaan calon bintara prajurit karier (Caba PK) TNI AD TA 2022 akan mengutamakan putra asli Aceh.

“Dalam proses seleksi nantinya kita mengutamakan putra daerah asli Aceh,” kata Mohamad Hasan dalam keterangannya, Jumat (15/7/2022).

Jenderal bintang dua ini menyampaikan agar dalam rekrutmen Caba PK TNI AD ini dilakukan sosialisasi secara maksimal supaya diperoleh kualitas bintara pilihan dari putra-putri daerah ujung barat Indonesia itu.

Khusus Caba PK jalur Keagamaan dari santri dan lintas agama, Mohamad Hasan memberikan arahan agar sosialisasi dapat dilakukan misalnya dengan mendatangi langsung ke sekolah-sekolah, dayah-dayah atau pesantren-pesantren.

Kemudian, tambah Mohamad Hasan, termasuk memperhatikan rekomendasi dari pimpinan atau pengurus dayah terhadap santri-santri terbaiknya untuk mengikuti tes Caba PK TNI AD TA 2022.

“Oleh sebab itu siapkan dan sosialisasikan dengan baik tentang aspek-aspek seleksi dan materi yang akan diujikan, khususnya dari jalur keagamaan yaitu santri dan lintas agama yang menjadi kekhasan Aceh,” ucap Mohamad Hasan.

Kemarin, Kamis (14/7/2022), Mohamad Hasan juga memimpin rapat kesiapan rencana rekrutmen Calon Bintara Prajurit Karier (Caba PK) TNI AD TA 2022 Kodam IM di Gedung Malahayati Lt. 2 Makodam IM.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Personalia (Aspers) Kasdam IM Kolonel Inf Mohamad Sjahroni memaparkan kepada Pangdam IM dan para hadirin lainnya tentang gambaran dan mekanisme rekrutmen Caba PK TNI AD TA 2022 termasuk alokasi penerimaannya, khusus di wilayah Kodam IM.

“Pada Tahun 2022 ini alokasi penerimaan Caba PK yang diberikan kepada Kodam IM adalah sebanyak 183 orang terdiri dari Reg Wanita (Kowad) 6 orang, Reg Pria 60 orang, Keahlian Pria 4 orang dan Keagamaan Pria 113 orang,” kata Mohamad Sjahroni.

Shares: