Panwaslih Aceh ajak masyarakat ikut awasi Pemilu 2024

POPULARITAS.COM – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang di daerah itu.

Hal tersebut bertujuan agar masyarakat lebih terlibat dalam memantau dan memberikan kontribusi sebagai pemilih.

Ketua Panwaslih Aceh, Faizah mengatakan pengawasan pemilu secara kelembagaan memang diamanahkan kepada Bawaslu, meskipun masyarakat berada di luar bawaslu, tetapi masyarakat bisa memposisikan diri bukan hanya sebagai pemilih namun juga pengawas.

“Masyarakat bisa menjadi pengawasan pemilu dalam bentuk bergabung dalam bawaslu atau bisa juga masyarakat biasa yang sifatnya dapat melakukan pengawasan pasrtisipatif,” kata Faizah dalam acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di Banda Aceh, Selasa (7/3/2023).

Apalagi kata Faizah, pada pesta demokrasi mendatang, kerawanan pemilu masuk dalam kategori sedang. Artinya ada penurunan dari pada pemilu sebelumnya yang berada dalam kategori kerawanan tinggi.

“Indeks kerawanan pemilu ini harus dijaga agar tidak kembali naik. Bahkan bawaslu melakukan pengawasan melalui teknologi komunikasi. Untuk itu peran masyarakat dalam pengawasan juga sangat penting,” ujar Faizah.

Berita Terkait

#trending

Berita Terbaru