News

Pasien Covid-19 yang Sembuh Meningkat di Aceh, Satgas Tingkatkan 3T

Dosen Politeknik Lhokseumawe Reaktif Covid-19 Meninggal di Aceh Utara
Ilustrasi, Rapid test. (ist)

POPULARITAS.COM – Pasien penderita Covid-19 yang dinyatakan sudah sembuh bertambah lagi sebanyak 337 orang dalam 24 jam terakhir.

Sementara itu, kasus harian Covid-19 juga bertambah sebanyak 354 orang dalam kurun waktu yang sama. Sedangkan kasus meninggal dunia dilaporkan bertambah sebanyak 12 orang lagi di Aceh.

“Alhamdulillah, pasien yang sembuh terus bertambah meski penambahan kasus positif baru juga masih terbilang tinggi,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media massa di Banda Aceh, Selasa (24/8/2021).

Ia mengatakan, untuk menekan kasus baru, meningkatkan angka kesembuhan, dan berupaya menekan jumlah kasus meninggal dunia, Pemerintah Aceh melalui Satgas Penanganan Covid-19 terus meningkatkan testing, tracing, dan treatment, untuk memutuskan penularan virus corona, dengan mendeteksi kasus-kasus baru di tengah-tengah masyarakat.

Semakin cepat kasus Covid-19 terdeteksi akan kian rendah risiko sakit berat, dan kematian. Pada sisi treatment, Satgas Covid-19 Aceh terus meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan rumah sakit rujukan utama di Aceh, RSU dr Zainoel Abidin Banda Aceh, dan juga mendorong peningkatan pelayanan RSUD kabupaten/kota di seluruh Aceh.

Kemudian ia mengatakan, strategi testing dan tracing itu akan lebih optimal apabila masyarakat, khususnya warga yang merasa kontak erat kasus Covid-19 atau orang bergejala (suspek), proaktif memeriksakan dirinya dan tidak bersembunyi dari petugas kesehatan yang melakukan tracing ke tempat tinggalnya.

“Penanganan Pandemi Covid-19 ini harus melalui kolaborasi yang sinergis antara Satgas Covid-19 dengan masyarakat seluruh gampong di Aceh,” tambahnya.

SAG juga mengimbau agar setiap komponen masyarakat tidak mengabaikan protokol kesehatan. “Pandemi belum berakhir dan kita semua harus menjalani kehidupan cara normal baru, yakni memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir,” kata dia.

Saat ini secara akumulatif kasus Covid-19 Aceh telah mencapai 30.660 orang, hingga 24 Agustus 2021. Pasien Covid-19 yang sedang dirawat sebanyak 6.267 orang. Para penyintas Covid-19, (yang sudah sembuh) sebanyak  23.060 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia secara akumulatif sudah mencapai 1.333 orang.

Shares: