News

PDP Positif Hasil Rapid Test dari Pidie Diambil Swab di RSUZA

PDP Positif Hasil Rapid Test dari Pidie Diambil Swab di RSUZA
konferensi Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Pidie. ist

PIDIE (popularitas.com) – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) positif Covid-19 hasil rapid test di Kabupaten Pidie telah diambil swab di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA), Banda Aceh.

Pengambilan spesimen lendir hidung dan tenggerokan terhadap warga asal Medan yang menetap sementara di Kabupaten Pidie dirujuk ke Banda Aceh usai dinyatakan positif Covid-19 hasil rapid test Kamis (9/4/2020).

“Orangnya dirujuk ke Banda Aceh untuk swab saja, sudah dibawa kemarin,” kata Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Chik Ditiro, Sigli, dr Muhammad Yassir saat dikomfirmasi popularitas.com, Jumat (10/4/2020).

Katanya, usai pihaknya mengantar pasien untuk dapat diambilkan swab tersebut, seterusnya PDP positif COVID-19 berdasarkan hasil Rapid test itu, kembali dibawa pulang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Chik Ditiro, Sigli untuk perawatan medis.

Kondisi PDP itu dalam keadaan stabil, namun tetap dirawat di RSUD Tgk Chik Ditiro, Sigli, yang merupakan salah satu Rumah Sakit rujukan COVID-19 di Aceh.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, Efendi menyebutkan, walau PDP tersebut dinyatakan positif terindikasi virus Corona berdasarkan hasil rapid test (tes cepat) namun belum bisa dijadikan sebagai rujukan, pasien tersebut positif COVID-19, sebelum dilakukan tes swab.

“Swab dia lebih pasti, kalau rapid test ini, walaupun dia positif belum tentun positif, kalau negatif belum tentu juga negatif kalau rapid tes itu. Artinya untuk sementara pemeriksaan awal dilakukan untuk mengecek deteksi dini,” jelas Efendi selaku Juru bicara tim GugusTugas COVID-19 Kabupaten Pidie.

Hingga Kamis 9 April 2020, Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Pidie, mencatat Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 22 orang. Dari jumlah tersebut, 12 diantaranya masih dipantau, sedangkan sisa 10 ODP lainnya sudah selesai dilakukan pemantauan.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 9 orang, satu dirawat di RSUD Tgk Chik Ditiro, 5 melakukan isolasi mandiri di rumah, namun tetap di bawah pengawasan, sedangkan tiga lainnya sudah selesai dilakukan pemantauan.[acl]

Reporter: Nurzahri

Shares: