News

Pelajar di Aceh Besar dibekali kemampuan menguasai literasi digital

Tips Promosi Produk Daring Lewat Instagram
Ilustrasi promosi digital. FotoL Ist (HO Kemenparekraf)

POPULARITAS.COM – Rangkaian webinar literasi digital di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh akan kembali bergulir. Pada Kamis (6/4) pukul 10.00-12.00 WIB, akan dilangsungkan webinar bertajuk tema “Sukses Belajar Online Dengan Kemampuan Literasi Digital”.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan beberapa SMA di Kabupaten Aceh Besar diantaranya SMAN 1 Darul Imarah, SMAN 1 Peukan Bada dan SMAN 1 Baitussalam dengan melibatkan para siswa sebagai audiensnya.

Kegiatan yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pengguna internet di Indonesia pada awal Tahun 2022 mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya. Namun, penggunaan internet tersebut membawa berbagai risiko, karena itu peningkatan penggunaan teknologi internet perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan tepat.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 menunjukkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari 5,00.

Kemudian pada tahun 2022, hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional mengalami kenaikan dari 3,49 poin menjadi 3,54 poin dari skala 5,00. Hasil ini dianggap menunjukkan bahwa literasi digital masyarakat Indonesia saat ini berada di kategori sedang dibandingkan dengan tahun lalu.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam keteragannya, Rabu (5/4/2023) menilai indeks literasi digital Indonesia belum mencapai kategori baik.

“Angka ini perlu terus kita tingkatkan dan menjadi tugas kita bersama untuk membekali masyarakat kita dengan kemampuan literasi digital,” katanya lewat diskusi virtual.

Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar yang menyasar target segmen pelajar ini, rencananya akan diisi secara virtual oleh beberapa narasumber yang berkompeten dalam bidangnya. Kegiatan webinar diawali dengan sambutan dari Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, dihadiri narasumber Anwar Sadat (Senior Product Manager).

Kemudian narasumber Jhon Abdi, S.Pd., M.Pd (Pengawas Sekolah), serta Vean Mardhika (Influencer) bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL), Siti Kusherkatun, S.Pd.I (Asih) sebagai juru bahasa isyarat dan dipandu oleh moderator Ayu Amelia. Para narasumber tersebut akan memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill.

Webinar ini akan memperbincangkan tentang sukses belajar online dengan kemampuan literasi digital. Kemampuan literasi digital merujuk pada kemampuan seseorang untuk memahami dan menggunakan teknologi digital. Dalam konteks pembelajaran online, kemampuan literasi digital menjadi penting, karena siswa dan mahasiswa harus dapat mengakses ruang digital, berpartisipasi dalam diskusi online, mengirim dan menerima tugas dan umpan balik secara online.

Siswa juga perlu memiliki kemampuan kritis untuk mengevaluasi informasi, ini meliputi memahami dan memastikan informasi di internet akurat dan relevan. Selain itu, untuk mengatasi tantangan dalam belajar online, siswa perlu memotivasi diri sendiri dan mengikuti jadwal pembelajaran yang fleksibel, menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas dan merencanakan jadwal belajar mereka dengan baik. Selain itu, siswa juga dapat bergabung dengan kelompok belajar online atau mengikuti forum diskusi online untuk meningkatkan interaksi dengan sesama siswa.

Dalam memastikan kesuksesan siswa dalam belajar online, institusi pendidikan perlu menyediakan dukungan dan sumber daya yang diperlukan. Ini meliputi memberikan akses yang memadai ke perangkat digital dan koneksi internet yang stabil, serta menyediakan sumber daya pembelajaran yang berkualitas dan mudah diakses.

Dengan mengembangkan kemampuan literasi digital yang baik dan mendapatkan dukungan dari institusi pendidikan, siswa dapat mencapai keberhasilan dalam pembelajaran online. Hal ini akan memberikan dampak positif pada kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan masa depan dan meningkatkan peluang mereka untuk sukses di dunia kerja.

Untuk mengikuti kegiatan ini, peserta hanya perlu melakukan pendaftaran melalui tautan berikut https://s.id/pendidikan_aceh0604 dan mengikuti webinar melalui link zoom https://s.id/rzoom_aceh0604.

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan di Provinsi Aceh merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemkominfo RI untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Shares: