HeadlineNews

Pembangunan Rumah Kawasan Adat Terpencil Sikundo Resmi Dimulai

MEULABOH (popularitas.com) – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan 39 unit rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Desa Sikundo, Kecamatan Pantee Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Senin, 15 Juli 2019. Dalam kesempatan yang sama, Plt Gubernur juga menyalakan lampu listrik perdana di desa tersebut.

Tiba di Desa Sikundo sekira pukul 11.15 WIB, Plt Gubernur Aceh bersama rombongan disambut dengan prosesi adat (dipeusijuk) oleh tokoh adat setempat setelah menempuh perjalanan kurang lebih 60 kilometer dari jalan nasional Aceh Barat – Medan dengan akses jalan menuju Desa Sikundo yang cukup terjal dan rusak.

Usai melakukan peletakan pertama, kepada wartawan Nova Iriansyah mengatakan, pembangunan Rumah KAT di Desa Sikundo memang sudah lama direncanakan. Namun perencanaan pembangunan baru terealisasi hari ini terealisasi.

“Setelah adanya KAT, hadirnya MCK, listrik, maka nanti akan disusul dengan aksesibilitas yang juga akan kita perbaiki,” katanya.

Dengan adanya pembangunan rumah KAT ini, Nova Iriansyah berharap kepada masyarakat Sikundo agar tetap nyaman dan tidak berencana pindah ke daerah lain, karena pemerintah akan terus meningkatkan infrastruktur dan fasilitas sosial dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Iriansyah juga berharap kepada masyarakat agar aktif dalam pembangunan, sehingga tidak selalu harus melalui program dan proyek. Dia berharap pembangunan di desa tersebut juga dapat dilakukan dengan cara bergotongroyong atau melalui bakti TNI, Polri dan lain-lain termasuk CSR.

“Mungkin yang akan saya dulukan terlebih dahulu adalah memperbaiki akses jalan yang layak, jadi jangan ada lagi jalan yang naiknya ekstrem turunnya ekstrem. Tadi ada saya lihat satu titik tadi,” katanya.

Plt Gubernur Aceh mengatakan memperbaiki jalan ekstrem tersebut tak mesti menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau juga APBA. Namun, juga dapat disiasati dengan dana CSR dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di kawasan tersebut.

“Itu dalam waktu dekat akan saya lakukan dengan kawan-kawan dan yang paling penting penduduk tambah betah tinggal di Sikundo,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik antar pihak dalam melaksanakan program pembangunan di Sikundo, terutama kepada PT Mifa Bersaudara yang telah menyalurkan CSR-nya untuk masyarakat Sikundo.

“Begitu juga dengan PLN dan Dinas ESDM, sehingga masyarakat desa ini bisa merasakan listrik,” kata Alhudri.

Hal senada disampaikan Bupati Aceh Barat, Ramli. “Semoga bantuan ini terus berlanjut, orang di sini tidak banyak namun bisa menggoyang nasional. Kami sangat berterimakasih dan berharap bantuan ini terus berlanjut,” katanya.*

Shares: