InsfrastrukturNews

Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 61 Miliar Bangun Bendung Krueng Pase

Kondisi bendungan Krueng (Sungai) Pase, Leubok Tuwe Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, setelah di hantam air. (Popularitas.com/Rizkita)

Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo, memastikan akan memperbaiki bendungan Krueng Pase, Leubok Tuwe Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, dengan anggaran Rp 61 miliar.

Hal tersebut di sampaikan kepada wartawan disela kunjungannya ke lokasi bendungan pada Selasa 8 Desember 2020, untuk meninjau langsung penyebab bajir parah melanda wilayah setempat pada waktu lalu.

“Sementara ini ditahun 2020, bendung Krueng Pase ini akan ditanggani dengan dana tanggap darurat terlebih dahulu,  sedangkan tahap rehap akan dikerjakan untuk tahun 2021, akan direhap secara permanen dengan anggaran APBN, apalagi Pemkab Aceh Utara sudah tetapkan darurat bencana banjir,” kata John Wempi Wetipo.

Dalam kesempatan itu Anggota komisi V DPR-RI asal Aceh, H. Ruslan M. Daud (HRD) menambahkan, pihaknya sedang melakukan finalisasi dokumen perencanaan teknis, kontraknya sampai dengan akhir Desember 2020.

“Pembiyaan Bendung Krueng Pase dengan Kontrak Tahun Jamak (Multi-Year Contract) butuh anggaran mencapai Rp61 miliar, direncanakan perbaikan fisiknya secara bertahap akan dimulai tahun 2021 sudah dianggarkan mencapai  Rp30 miliar dan tahap kedua tahun 2022 mendatang akan dianggarkan kembali sekitar Rp31 miliar,” kata Ruslan.

Menurutnya, kondisi bendung Krueng Pase sangat memprihatinkan, maka harus segera diperbaiki kerana bendung ini menjadi irigasi satu-satunya untuk mengaliri air ke 8.922 hektare areal persawahan petani di kecamatan di Aceh Utara.

Editor: dani

Shares: