NewsSyariat Islam

Pemkab Aceh Besar peringati tahun baru islam 1 Muharram 1445 H

Pemkab Aceh Besar peringati tahun baru islam 1 Muharram 1445 H
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM memberikan sambutan pada peringatan 1 Muharram 1445 H, di Masjid Agung Al Munawwarah Kota Jantho, Selasa (18/072023) malam. FOTO : PROKOPIM PEMKAB ACEH BESAR

POPULARITAS.COM – Pemkab Aceh Besar gelar peringatan tahun baru Islam 1 Muharrama 1445 hijriyah. Acara tersebut dilangsungkan di Masjid Agung Al Munawwarah Kota Jantho, Selasa (18/7/2023) malam.

Dalam acara itu, Ustad Fakruddin Lahmuddi yang hadir berikan Tausiyah, sampaikan kisa perjuangan nabi Muhammad SAW dalam sebarkan agama islam lewat momentum hijrah ke Kota Madinah.

Momentum hijrah yang dilakukan oleh nabi besar Muhammad SAW tersebut, tentu didasarkan pada perintah Allah SWT. Keputusan hijrah usai berdakwah 13 tahun di Kota Mekkah yang dilakukan secara sembunyi dan tantangan besar dari kaum kafir Quraisy menjadi alasan penting bagi rasul untuk pindah dalam menyebarkan dakwah islam.

Di saat di Kota Madinah itulah kemudian islam tumbuh dan berkembang menjadi besar. Penerimaan ajaran islam oleh masyarakat di daerah itu, telah membuat kehidupan umat islam menjadi lebih tertata dan kemudian islam membangun kekuatannya.

Peristiwa hijrahnya rasul ke Madinah, merupakan satu peristiwa besar yang telah mengubah sejaran dan tatanan hidup umat islam hingga saat ini kita rasakan. Oleh karna itu, Marilah kita jadikan momentum peringatan tahun baru islam ini sebagai bagian instrospeksi diri dalam merenungi kehidupan kita masing-masing.

Mari kita renungkan tentang perilaku hidup kita, berapa sisa usia kita dan sudah sejauh apa amalan yang kita kumpulkan guna menghadap sang pencipta nantinya. Jika masih ada hal yang belum baik kita lakukan, ayo berhijrah untuk lebih baik dengan manfaatkan sisa usia dan umur untuk tidak lagi bermaksiat pada Allah SWT.

Kegiatan peringatan tahun baru islam yang digelar Pemkab Aceh Besar, dihadiri oleh ratusan masyarakat, dan juga sejumlah unsur forkopimda, seperti kapolres Aceh Besar, Kajari Aceh Besar, Dan Lanud SIM dan unsur Muspika Kota Jantho.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, dalam sambutannya, harapkan seluruh masyarakat di daerah ini untuk menjadikan momentum tahun baru islam guna hijrahkan diri ke arah yang lebih baik kedepannya.

Kita menyadari, saat ini memang terjadi krisis moral di tengah masyrakat, merosotnya nilai-nilai sosial dan agama dalam kehidupan. Karna itu, Mari bersama kita jadikan momentum tahun baru islam 1445 hijriyah ini, untuk memperbaiki diri dengan berhijrah menjadi manusia yang lebih baik.

Mari bersama kita buka lembaran baru, dengan menjalankan kehidupan dan memperbaiki perilaku yang buruk menjadi kebiasaan baik, tambahnya.

Terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan di daerah ini, tukasnya, sebagai Pj kepala daerah, dirinya akan melakukan evaluasi terhadap seluruh jajarannya, agar kedepannya, penyelenggaraan pemerintahan yang beri pelayanan kepada masyarakat juga akan menjadi lebih baik.

Shares: