News

Pemkab Pidie survei kebutuhan anggaran perbaikan jembatan Leupu Geumpang

Pemkab Pidie survei kebutuhan anggaran perbaikan jembatan Leupu Geumpang
Warga melintasi jembatan gantung di Gampong Leupu, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie. Foto: Tangkapan layar video

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Pidie, memastikan akan segera melakukan survei kebutuhan anggaran untuk penanganan jembatan di Gampong Leupu, Kecamatan Geumpang yang rusak parah.

Sebagaimana diketahui, jembatan gantung penghubung Gampong Leupu dengan beberapa desa lainnya meliputi Gampong Bangkeh, Pucok, Keune dan Pulo Lhoeh sudah mengalami kerusakan yang lumayan parah.

Di mana struktur lantai yang terbuat dari papan itu tampak mulai keropos, tak jarang lubang-lubang terlihat mengangga di sepanjang jembatan dengan bentang 103 meter itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Pidie, Buchari melalui Kabid Bina Marga Risnandar menyebutkan, kerusakan jembatan gantung itu terlebih dahulu perlukan survei kerusakan untuk dapat mendeteksi kebutuhan angggaran.

“Kita akan survei dulu dengan menurunkan tim ahli agar mengetahui secara detail kerusakan jembatan Leupu itu,” kata Risnandar, Senin (20/2/2023).

Setelah dilakukan survei, kata Risnandar, Dinas PUPR Pidie selanjutnya akan melakukan perhitungan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) penangan jembatan itu.

Bahkan pihaknya juga akan menurunkan konsultan untuk melakukan pengecekan titik kerusakan serta perhitungan resmi dan perhitungan besaran kebutuhan biaya.

“Kalau cuma lantainya saja anggaran yang dibutuhkan hanya Rp 200 juta dan mungkin bisa dikerjakan di perubahan ini, karena bisa rampung dikerjakan dalam waktu 45 hari” jelasnya.

Namun jika kerusakan jembatan gantung itu tidak hanya terjadi pada lantainya saja, tetapi juga menyasar beberapa struktur jembatan lainnya. Maka anggaran yang dibutuhkan akan lebih besar, sehingga waktu yang dibutuhkan mencapai 120 hari.

“Kalau kerusakannya besar, anggarannya juga besar sehingga harus ditangani di anggaran reguler. Maka untuk dapat memastikannya kita mesti lakukan survei kondisi jembatan dulu,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah jembatan gantung di Gampong Leupu, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, mengalami kerusakan parah. Bahkan papan lantai tampak copot dan keropos.

Praktis membuat masyarakat merasa khawatir saat melintasi jembatan gantung yang menjadi penghubung Gampong Leupu dengan beberapa desa lainnya, seperti halnya Bangkeh, Pucok, Keune dan Pulo Lhoeh.

Baca: Jembatan gantung di Geumpang rusak parah, warga terancam terisolasi

Shares: