News

Pemudik diminta waspadai sejumlah titik rawan longsor, Dirlantas Polda : Ada 8 titik di Aceh

Pemudik diminta waspadai sejumlah titik rawan longsor, Dirlantas Polda : Ada 8 titik di Aceh
Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy. (Ditlantas Polda Aceh)

POPULARITAS.COM – Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh, meminta pemudik untuk mewaspadai sejumlah titik di sejumlah kabupaten dan kota yang rawan longsor dan tanah amblas. 

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy, dalam keterangannya, Jumat (5/4/2024) mengatakan, pihaknya telah mencatat setidaknya terdapat 8 lokasi di sejumlah wilayah di daerah ini rawan longsor dan tanah amblas.

Nah, pada lokasi-lokasi itu, pihaknya telah memasang rambu-rambu dan marka, agar para pemudi bisa lebih berhati-hati saat melintas. Banyak ruas jalan yang harus diwaspadai, terutama perbatasan Aceh-Sumut, tambahnya.

Berikut delapan lokasi yang rawan bencana longsor dan tanah amblas berdasarkan data yang dimiliki oleh Ditlantas Polda Aceh.

1. Jalan KM 81 Desa Simpang Beutong Kecamatan Muara Tiga, Pidie, terjadi amblas pada badan jalan yang disebabkan adanya patahan lempengan di bawah badan jalan.

2. Jalan Bireuen-Takengon KM 12 Desa Teupin Mane, Kecamatan Juli, Bireuen, terjadi amblas jalan akibat longsor pada bahu jalan.

3. Simpang Elak-Krueng Mane, Desa Blang Karieng, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, kondisi setengah badan jalan amblas akhir tahun 2022 lalu.

4. Jalan Banda Aceh-Meulaboh KM 64 Gunung Geurutee, Aceh Jaya, terjadi longsoran batu dan retakan dinding tebing.

5. Jalan Banda Aceh-meulaboh Desa Peribu, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, terjadi abrasi pada badan jalan disebabkan oleh derasnya air sungai arongan.

6. Jalan Tapaktuan-Subulussalam Desa Tangga Besi, Kecamatan Simpang Kiri, Subulussalam, terjadi longsor pada ruas kiri badan jalan yang disebabkan adanya galian.

7. Jalan Subulussalam (Aceh)-Dairi (Sumut), terjadi longsor pada badan jalan akibat abrasi sungai.

8. Jalan Takengon-Blangkejeren Desa Pantan Cuaca, Kecamatan Pantan Cuaca, Gayo Lues, terjadi amblas jalan akibat longsor pada bahu jalan.

“Di Aceh terdapat 48 titik rawan bencana, 44 titik rawan kecelakaan, serta 104 lokasi rawan macet,” katanya.

“Seluruh pengguna jalan diimbau berhati-hati serta mengecek kesiapan kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh atau mudik,” jelasnya.

Shares: