News

Warga Aceh diminta cek kenderaan sebelum mudik

Pemudik diingatkan musim pancaroba jadi ancaman kesehatan
Pemudik sepeda motor melintas di lokasi rawan kecelakaan di Tikungan Seunapet, jalan nasional Banda Aceh-Medan, Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Kamis (4/4/2024). Dinas Perhubungan Provinsi Aceh memprediksi selama Idul Fitri 1445 Hijriah akan terjadi pergerakan sebanyak 344.795 orang yang didominasi moda angkutan darat. ANTARA FOTO/Ampelsa.

POPULARITAS.COM – Warga Aceh yang hendak mudik pada perayaan idulfitri 1445 hijriyah, diminta untuk selalu mengecek kenderaannya. Langkah itu untuk memastikan pulang kampung di saat lebaran berjalan aman, tertib dan terjaminnya keselamatan di jalan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto dalam keterangannya, Jumat (5/4/2024) di Banda Aceh.

“Kami ingatkan warga, pastikan kenderaan baik dan laik jalan. Biar selamat dan bisa berlebaran dikampung halaman bersama keluarga,” katanya.

Pihaknya juga meminta angkutan umum yang membawa penumpang, untuk tidak ugal-ugalan di jalan raya. Keselamatan masyarakat harus jadi prioritas utama. Begitu juga dengan pemudik yang menggunakan sepeda motor dan kenderaan pribadi, tambahnya.

Terkait pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriah, Joko Krisdiyanto mengatakan Polda Aceh dan jajaran menggelar Operasi Ketupat Seulawah 2024. Operasi berlangsung selama 13 hari sejak 4 hingga 16 April 2024.

Operasi melibatkan 3.232 personel gabungan terdiri dari 1.835 personel Polri serta 1.397 personel dari instansi terkait lainnya seperti TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Basarnas, PMI, Dinas Kesehatan, dan lainnya.

“Untuk mendukung operasi ketupat tersebut, Polda Aceh juga membentuk 60 pos, terdiri 31 pos pengamanan, 27 pos pelayanan, serta dua pos terpadu. Pos tersebut untuk memudahkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat,” kata Joko Krisdiyanto.

Shares: