News

Penumpang Kapal Aceh Hebat Ulee Lheue-Balohan lombat ke laut

Proses pencarian penumpang Kapal Aceh Hebat yang diduga lompat ke laut, Sabtu (19/8/2023). Foto: Basarnas Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Seorang penumpang Kapal Aceh Hebat diduga lombat ke laut saat kapal milik Pemerintah Aceh itu berlayar dari Pelabuhan Ule Lheue, Banda Aceh tujuan Balohan, Sabang, Sabtu (19/8/2023).

Kepala Basarnas Banda Aceh, Al Hussain dalam keterangannya, Sabtu (19/8/2023) malam mengatakan, penumpang berjenis kelamin perempuan itu loncat ke laut sekitar pukul 18.00 WIB.

“Pukul 17.00 WIB, penumpang ini berangkat dari Pelabuhan Ulee Lheue menuju Sabang menggunakan Kapal Aceh Hebat 2, sekitar pukul 18.00 korban loncat ke laut dari buritan kemudian tenggelam,” ujarnya.

Kata Al Hussain, informasi kejadian kemudian diteruskan oleh kapten kapal kepada Basarnas Banda Aceh pada pukul 19.00 WIB. Tim Rescue Basarnas Banda Aceh segera merespons panggilan darurat ini.

Pukul 19.15 WIB, tim bergerak dari pelabuhan Ulee Lheue dengan menggunakan kapal Sea Rider menuju lokasi perkiraan korban jatuh ke laut. Namun, upaya pencarian hingga pukul 21.30 WIB belum membuahkan hasil positif.

Dalam situasi yang semakin menantang, tim SAR mengambil keputusan untuk menghentikan pencarian sementara dan akan melanjutkannya pada keesokan harinya.

Pukul 22.00 WIB, Tim Rescue Basarnas Banda Aceh tiba di Pelabuhan Balohan Sabang, menutup operasi pencarian untuk hari pertama.

“Operasi SAR ini melibatkan sejumlah unsur termasuk Basarnas Banda Aceh, TNI AL, Satgas SAR Banda Aceh, ASDP, Rapi Banda Aceh, BPBD Sabang, Polairud Sabang, Polres Sabang, dan melibatkan juga partisipasi masyarakat setempat,” pungkasnya.

Shares: