News

Penyebab Nafas Bau Sehabis Bangun Tidur

Pernah berpikir kenapa napas kita kerap berbau tidak sedap setelah bangun tidur? Padahal, sebelum tidur kita sudah menggosok gigi terlebih dahulu.

Memang, bau mulut terjadi jika Anda tidak rajin membersihkan bagian dalam mulut. Tapi jika bau mulut tetap saja muncul ketika bangun tidur, berarti ada beberapa yang penyebab lainnya.

Melansir dari Healthline, banyak sekali penyebab bau mulut ketika bangun tidur, salah satunya adalah bakteri yang menumpuk di sela-sela gigi.

Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab utama dari bau mulut. Merokok dapat membuat mulut kering dan membuat Anda rentan terkena penyakit gusi.

Kandungan nikotin di dalam rokok menyebabkan munculnya noda gigi dan perubahan warna gigi secara keseluruhan hingga menumpuknya plak-plak gigi yang akan membuat akar gigi rusak.

Makan makanan tertentu

Sebelum tidur ada baiknya Anda memilih makanan apa yang akan di konsumsi. Karena ada beberapa makanan yang akan membuat kondisi mulut mengeluarkan bau tak sedap.

Mengonsumsi makanan yang memiliki aroma kuat seperti bawang putih atau bawang yang mentah dapat menyebabkan bau mulut pada keesokan harinya, walaupun Anda rajin menyikat gigi dengan baik.

Mulut kering

Penyebab pertama bau mulut adalah karena kondisi mulut yang kering. Pada saat tidur, produksi air liur menjadi turun secara signifikan. Air liur bertanggung jawab untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Ketika produksi air liur menurun, maka bakteri akan terus menumpuk dalam mulut dan hal tersebut yang menyebabkan keluarnya bau tak sedap. Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kondisi mulut kering yang akan membuat napas menjadi bau saat pagi hari.

Kebersihan mulut

Faktor penyebab tinggi lainnya yaitu karena kebersihan mulut yang buruk. Mulut adalah tempat paling sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak.

Jika Anda tidak sering membersihkan mulut dengan cara menggosok gigi atau melakukan flossing secara teratur, maka jangat kaget jika pada pagi hari mulut Anda mengeluarkan bau tak sedap. Flossing bekerja baik untuk mencegah terjadinya penumpukan di celah-celah antara gigi dan gusi.

Bau mulut pada pagi hari dapat menjadi gejala penyakit periodontal, terutama jika kebersihan mulut yang buruk tidak teratur. Penyakit periodontal adalah penyakit infeksi yang mempengaruhi gusi dan menyebabkan infeksi pada kantong di bawah gigi yang dapat menyebabkan halitosis dan persisten.

Penyakit asam lambung

Bau mulut bisa disebabkan karena penyakit gastroesophagul reflux (GERD) yang dapat menyebabkan bau mulut ketika asam lambung bercampur dengan makanan atau bakteri. Adam lambung bisa naik ke esofagus atau tenggorokan yang membuat bau mulut pada keesokan harinya.

Sumber: okezone

Shares: