EkonomiNews

Peringati HUT Damai Aceh ke-18, Pemkab Aceh Besar gelar pasar murah di Indrapuri

Peringati HUT Damai Aceh ke-18, Pemkab Aceh Besar gelar pasar murah di Indrapuri
Warga Gampong Meureu, Indrapuri, saat antri untuk mendapatkan LPG 3 kilogram di acara pasar murah yang digelar Pemkab Aceh Besar, Selasa (15/8/2023). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pemkab Aceh Besar dalam rangka sambut HUT Damai Aceh ke-18, Selasa (15/8/2023). FOTO : MC Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Dalam rangka ikut meriahkan HUT Damai Aceh ke-18 dan sekaligus ciptakan stabilitas harga pangan serta menekan laju inflasi, Pemkan Aceh Besar gelar pasar murah. Acara itu, dilangsungkan di Gampong Meureu, Indapuri, Selasa (15/8/2023).

Dipilihnya Desa Meureuh, Indapuri didasarkan pada landasan sejarah, kawasan itu merupakan salah satu wilayah konflik pada saat Aceh masih di kecamuk perang.

Jumlah komoditi Pangan dijual dengan harga subsidi di pasar murah itu, seperti, beras premium 10 kg Rp. 85.000/sak, gula 2 Kg Rp. 22.000, minyak goreng 1 liter Rp. 18.000, telur ayam satu papan (30 butir) Rp.45.000.

Kemudian, tepung terigu 1 kg Rp. 11.000 dengan total satu paket Rp. 181.000. Sementara untuk gas elpiji 3 kg dijual dengan harga Rp. 18.000 per tabung. Syaratnya pun cukup mudah, warga hanya membawa KK untuk menebus harga barang yang dijual jauh dibawah harga pasar tersebut.

Di kegiatan pasar murah itu juga, Pemkab Aceh Besar juga gelar operasi gas LPG 3 kilogram. Ratusan warga berbondong-bondong dan antri guna mendapatkan harga gas yang dijual Rp18 ribu itu.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/8/2023) mengatakan, kegiatan pasar murah yang dilaksanakan pihaknya, dapatkan dukungan penuh dari Perum Bulog Aceh. Sementara, untuk operasi gas LPG 3 kilogram, mendapatkan suport penuh dari PT Pertamina dan Hiswana Migas Aceh.

Harapan kita, dengan adanya pasar murah dan operasi gas LPG 3 kilogram ini, masyarakat bisa mendapatkan harga Pangan subsidi dan juga peroleh gas dengan harga murah.

Kegiatan ini tentu sejalan dengan program nasional, terutama arahan langsung dari Presiden RI Joko Widodo agar kepala daerah ikut serta dalam ciptakan stabilisasi harga pangan dan pengendalian inflasi, kata Pj Bupati Aceh Besar.

Nurul, salah satu warga Gampong Meureu, mengaku sangat terbantu dengan adanya pasar murah dan operasi gas LPG 3 kilogram yang dilaksanakan Pemkab Aceh Besar. 

Di pasar murah itu, dirinya bisa menebus harga pangan jauh lebih murah dibandingkan harga pasar, terutama gas LPG 3kilogram. Ia mengharapkan, kegiatan seperti ini dapat dilakukan setiap bulan, sebab hal seperti ini sangat membantu kami masyarakat Kecil, tambahnya.

Shares: