EkonomiNews

Permintaan Ikan Meningkat, Hasil Tangkapan Nelayan Aceh Jaya Malah Menurun

Angka konsumsi ikan di Aceh lebihi rata-rata nasional
Para nelayan sedang memindahkan hasil tangkapannya untuk dijual, Kamis (02/7/2020) (ANTARA/Arif Hidayat)

Permintaan ikan besar sejenis ikan tuna sejak memasuki bulan Maulid Nabi Muhammad SAW di wilayah Calang Kabupaten Aceh Jaya meningkat, namun hasil tangkapan nelayan sejak beberapa minggu terakhir menurun.

“Untuk saat ini yang banyak permintaan dari masyarakat sejak memasuki bulan maulid nabi ikan besar sejenis Ame-ame (Ikan tuna), namun hasil tangkapan sangat sedikit,” kata Amri salah seorang nelayan  yang juga Toke Bangku di wilayah Calang, Senin (9/11/2020).

Amri menjelaskan kalau harga ikan besar selama  bulan maulid ini juga meningkat yang sebelunya ikan besar dijual ke medan sekitar Rp16 ribu/kilogram saat ini bisa dijual Rp25 ribu sampai Rp30 ribu.

Ia juga menuturkan kalau sejak beberapa hari terakhir ini memang hasil tangkapan ikan kecil oleh para nelayan lumayan banyak, akan tetapi harga ikan kecil selama ini menurun.

“Ikan kecil banyak hasil tangkapan sejenis dencis, namun permintaan juga menurun, itu juga factor banyak ikan dari tempat lain yang dipasok ke Aceh Jaya,” kata Amri.

Amri menjelaskan kalau pihaknya baru bisa aman melaut 3-4 hari terakhir yang sebelumnya pihanya susah untuk keluar kelaut lepas karena cuaca yang tidak mendukung akibat angin kencang.

“Kami aman melaut hanya beberapa hari terakhir, sebelumnya angina sangat kencang, ombak pun juga sangat besar,” kata Amri. (ant)

Shares: