News

Persebaya siap hadapi derbi Jawa Timur

Aji Santoso bicara kualitas skuat Persebaya musim depan
Pemain Persebaya latihan jelang Liga 1. Foto: LIB

POPULARITAS.COM – Pekan ke-13 BRI Liga 1 2023/24 Persebaya Surabaya akan menjamu Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (23/9/2023) sore.

Bagi Persebaya, laga ini punya arti yang cukup penting dan gengsi yang dipertaruhkan pada duel bertajuk Derbi Jawa Timur ini.

Musim lalu, Persebaya dua kali menang atas Arema FC. Klub berjuluk Bajul Ijo itu menang dengan skor 3-2 pada laga putaran pertama yang dimainkan di Stadion Kanjuruhan.

Lalu, pada putaran kedua, Persebaya menang dengan skor 1-0 lewat gol Muhammad Iqbal. Laga ini harus dimainkan di Stadion PTIK lantaran tidak mendapat izin dari pihak kepolisian.

Kini Persebaya akan ditemani oleh pelatih baru Josep Gombau. Sebelumnya tim dipimpin pelatih caretaker Uston Nawawi sejak pekan ke-6 hingga pekan ke-12 lalu. Dimana sejak 2019 Persebaya selalu ditemani oleh pelatih Aji Santoso sampai akhirnya lengser.

Jelang laga pekan ke-13 ini dia telah mempersiapkan tim sepenuhnya dibantu tim pelatih. Menurutnya situasi timnya sangat baik menatap laga lawan Arema FC.

Tidak ada pemain yang dalam keadaan cedera kecuali kiper Ernando Ari dan George Brown yang bergabung timnas untuk mengikuti Asian Games 2023.

“Semua pemain sehat dan siap dimainkan, apalagi tim inti, semuanya siap turunkan, jadi tidak ada masalah di tim,” ucap pelatih asal Spanyol itu, dikutip dari situs Liga 1, Kamis (21/9/2023).

“Sangat senang dengan latihan hari ini, karena antusias pemain, juga ini latihan pertama untuk persiapan. Hari ini semua pemain menunjukkan keinginan yang besar untuk memberikan yang terbaik di latihan, tentu juga di pertandingan nanti,” sambungnya.

Josep Gombau mengetahui sengitnya persaingan saat berjumpa Arema FC. Rivalitas dua klub asal Jawa Timur ini begitu tinggi. Kedua tim dipastikan bakal ngotot untuk memenangkan pertandingan bergengsi ini.

Persebaya mengusung misi untuk bangkit setelah pada pekan sebelumnya takluk dari Madura United dengan skor telak 3-0 lalu. Kekalahan yang sekaligus memutus tren lima laga tanpa kekalahan mereka sebelumnya.

Sedangkan Arema FC tercatat belum terkalahkan pada empat pertandingan terakhir dengan mengemas dua kemenangan serta dua hasil imbang.

Pada klasemen sementara BRI Liga 1 2023/24, Persebaya Surabaya menempati peringkat ke-8 dengan perolehan 18 poin terpaut delapan poin dari Arema FC yang menduduki posisi 16 dengan 10 poin.

Selain itu laga ini menjadi laga revans Josep Gombau sendiri. Pada pengalaman sebelumnya bersama klub asal Hong Kong, Kitchee, ia mempunyai catatan merah kalah melawan Arema FC asuhan dari Dejan Antonic 2-0 pada Piala AFC 2012 di Tseung Kwan O Sports Ground.

Shares: