News

Petani Aceh Besar dapat bantuan traktor

Puluhan kelompok tani (Poktan) di Aceh Besar, dapat bantuan traktor dari pemerintah kabupaten setempat. Alat mesin pertanian itu diserahkan langsung oleh Pj Bupati Muhammad Iswanto, Rabu (18/1/2023) di Samahani.
Petani Aceh Besar dapat bantuan traktor
Pj.Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP.,MM di dampingi kepala dinas pertanian, Jakfar MP, saat menyarahkan 28 alsintan dan 2 pompa air kepada petani di daerah itu. Acara tersebut, dilangsungkan di Kuta Malaka, Rabu (18/1/2023). FOTO : Humas Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Puluhan kelompok tani (Poktan) di Aceh Besar, dapat bantuan traktor dari pemerintah kabupaten setempat. Alat mesin pertanian itu diserahkan langsung oleh Pj Bupati Muhammad Iswanto, Rabu (18/1/2023) di Samahani.

Dalam acara penyerahan yang dilangsungkan di komplek pergudangan Alsintan Dinas Pertanian Aceh Besar itu, Muhammad Iswanto harapkan para petani yang mendapatkan bantuan untuk senantiasa bersyukur. Wujudnya dengan memelihara apa yang sudah didapatkan.

Alat mesin pertanian yang diserahkan oleh Pj Bupati Aceh Besar, merupakan bantuan yang bersumber dari dana aspirasi sejumlah politisi, yakni Partai PKB, Gerindra, dan Nasdem.

“Dengan adanya mesin ini, petani lebih hemat waktu, dan juga dapat tingkatkan produktivitas,” tukasnya.

Pj Bupati menambahkan, pemerintah kabupaten akan terus memberikan perhatian serius dalam upaya mensejahterahkan para petani di daerah ini. Hal ini dikarenakan mayoritas corak produksi warga di wilayah ini 60 persen adalah pertani. “400 ribu warga Aceh Besar, 60 persen petani. Jadi kita harus fokus meningkatkan produktivitas, agar petani sejahtera,” sebutnya.

Sementara Kadis Pertanian Aceh Besar, Muhammad Jakfar mengatakan, bantuan yang diberikan itu berupa lima unit traktor empat ban atau traktor besar, serta 23 unit hand traktor (traktor tangan) baik untuk pengolahan tanah maupun untuk proses pengolahan akhir menuju siap tanam. “Bantuan ini juga untuk mendukung ketahanan pangan, dan tak lepas dari lobi intensif Pak Pj Bupati Aceh Besar, hingga bukan hanya anggota DPR RI dari wilayah 1 Aceh, bahkan legislator dari Dapil 2 Aceh juga ikut membantu Alsintan ini,” kata Jakfar seraya menambahkan, bantuan itu secara langsung akan meningkatkan hasil produksi petani di Aceh Besar

Saat ini luas sawah di Aceh Besar mencapai 25.000 hektar, dengan indeks penanaman rata rata 2,0 serta total produksi tahunan mencapai 290.000 ton. “Alhamdulillah, sejauh ini Aceh Besar terus swsembada, hingga inflasi tak terlalu berdampak bagi warga Aceh Besar, terutama kaum petani yang menjadi mayoritas warga di Aceh Besar.

Ikut hadir dalam penyerahan bantuan itu, Ketua Nasdem Aceh Besar, Furqan, anggota DPRK Abes Pak Ben, ketua Kelompok Tani yang menerima bantuan Alsintan, serta para undangan lainnya. (*)

Shares: