News

Pidie diguncang gempa tektonik 4,4 magnitudo

Pusat gempa berkekuatan 4,4 magnitudo yang mengguncang Pidie dan sekitarnya, Senin (8/1/2024). (BMKG)

POPULARITAS.COM – Wilayah Pidie dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 4,4 magnitudo Senin (8/1/2024) pagi tadi sekitar pukul 08.21 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa ini berlokasi di darat pada jarak 28 kilometer Barat Daya Pidie pada kedalaman 6 kilometer.

“Gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen Aceh-Central,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin kepada popularitas.com, Senin (8/1/2024).

Dari laporan yang diterima, jelas Andi, gempa ini dirasakan di daerah Pidie dan Pidie Jaya. Namun hingga tidak laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampaknya.

“Hingga pukul 08.39 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak belum ada gempa susulan, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak benar,” ungkapnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Shares: