News

Pj Bupati Aceh Besar peusijuk dan lepas keberangkatan jamaah calon haji

Jemaah haji asal Aceh meninggal dunia di Mekkah

POPULARITAS.COM – Ratusan jemaah calon haji dari kabupaten Aceh Besar, dipeusijuk dan dilepas keberangkatannya menuju baitullah. Prosesi tersebut dipimpin oleh Pj Bupati Muhammad Iswanto, Selasa (28/5/2024) di Mesjid Baitul Makmur, Sibreh.

Saat melepas keberangkatan para jemaah calon haji tersebut, Pj Bupati Muhammad Iswanto, minta para jemaah untuk jaga kesehatan selama menjalankan rukun haji. Ia menyebutkan, saat berhaji selama 40 hari, butuh fisik dan stamina yang baik, tambahnya.

“Jaga kesehatan dan stamina selama di tanah suci,” pesannya kepada para jemaah.

Kemudian, ia meminta kepada JCH untuk mendoakan Forkopimda Aceh Besar dan seluruh jajaran dalam menjalankan tugas-tugas kepemerintahan dengan baik dan lancar. Karena ke depan Aceh Besar akan bertugas menyukseskan pelaksanaan pekan olahraga nasional (PON) dan Pemilihan kepala Daerah (Pilkada). 

“Bantu doakan, supaya Pilkada Aceh Besar berjalan dengan lancar, sehingga nanti terpilih pemimpin terbaik untuk memimpin serta mengayomi masyarakat Aceh Besar ke depan,” pintanya. 

Ia menambahkan, semua warga Aceh Besar  melepaskan JCH  dengan ikhlas, sehingga JCH bisa melaksanakan ibadah dengan fokus di tanah suci nanti.  “Insya Allah; kami yang di sini tentu saja akan mendo’akan Bapak-Ibu sekalian sampai ke tempat tujuan yakni di Tanah Suci Makkah, dalam keadaan sehat wal afiat dan tidak mendapat suatu halangan apapun. Dan tidak kalah pentingnya dari itu mudah-mudahan sepulangnya dari Tanah Suci Makkah Bapak-Ibu menjadi Haji yang mabrur,” harapnya. 

Sementara itu, Kakankemenag Aceh Besar H Saifuddin menjelaskan, untuk tahun ini JCH Aceh Besar berjumlah 408 akan tergabung dalam Kloter I dan VI Embarkasi Aceh.  “Untuk Kloter I sebanyak 344 JCH dijadwalkan terbang ke Tanah Suci pada 29 Mei 2024. Sedangkan JCH lainnya akan bergabung dalam Kloter VI Embarkasi Aceh dan akan dipeusijuek pada 2 Juni 2024 seusai shalat Isya di Masjid At-Thahirah, Lamcot, Kecamatan Darul Imarah,” pintanya. 

Ia berharap, kepada calon tamu Allah, untuk senantiasa memperbaiki niat serta mempesiapkan diri dengan membaca kembali buku panduan manasik haji serta menghafal doa-doa yang diperlukan dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. “Baca kembali buku panduan haji, istirahat yang cukup, dan jaga pola makan,” harapnya.

Acara itu turut dihadiri, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua MPU Aceh Besar, Jajaran Kakankemenag Aceh Besar, Forkopimcam Kecamatan Suka Makmur, Jamaah Calon Haji serta keluarga darj jamaah calon haji.

Shares: