NewsSyariat Islam

Pj Bupati Aceh Besar pimpin upacara Hari Santri Nasional 2023

Pj Bupati Aceh Besar pimpin upacara Hari Santri Nasional 2023
Pj Bupati Aceh Besar serahkan bendera Merah Putih kepada santri saat jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Komplek Dayah Darul Muta’allimin, Gampong Meulayo, Blang Bintang Aceh Besar, Senin (23/10/2023). FOTO : MC Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Puncak upacara Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023 di Aceh Besar, dilangsungkan di Komplek Dayah Darul Muta’allimin, Gampong Meulayo, Blang Bintang Aceh Besar, Senin (23/10/2023).

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, hadir dan jadi inspektur upacara peringatan HSN tersebut. Acara itu, diikuti ribuan santri dari berbagai dayah dan pesantren yang ada di daerah tersebut.

Dihadapan ribuan santri dan para tamu undangan yang hadir di acara itu, Pj Muhammad Iswanto dalam sambutannya mengatakan bahwa, tema HSN 2023, yakni Jihad Santri Jayakan Negeri, miliki makna yang dalam untuk kita renungkan bersama.

Jihad dalam islam tidak dimaknai sebatas pertempuran fisik, terang Pj bupati kemudian. Namun secara luas mencakup perjuangan untuk memperkuat imam, perdalam ilmu dan memperbaiki kualitas diri dan kehidupan, tambahnya.

Karna itu, keberadaan santri saat ini merupakan salah satu pilar keagamaan dan keilmuan yang jadi motor penggerak kemajuan bangsa, tandasnya. Untuk itu, sebagai santri punya kewajiban menjaga nilai-nilai agama dan bertanggungjawab melaksanakannya dalam setiap perilaku kehidupan ditengah masyarakat.

“Jadi santri itu berat, selain harus paham ilmu agama, perilakunya ditengah masyarakat juga harus cerminkan nilai-nilai keagamaan,” ujarnya.

Pj Bupati Aceh Besar juga menyebutkan bahwa, hari santri tidak hanya milik santri semata, tapi telah jadi semangat seluruh komponen bangsa yang cinta tanah air ini. “Mari kita rayakan hari santri ini dengan penuh suka cita dan semangat,” ajaknya.

Dalam kesempatan peringatan HSN 2023 itu, Pj Muhammad Iswanto juga serahkan beasiswa dan insentif guru, santri kurang mampu dan santri berprestasi.

Total anggaran yang diberikan oleh Pemkab Aceh Besar dan diserahkan secara simbolis oleh Pj Muhammad Iswanto capai Rp2,75 miliar, yang diperuntukan bagi 13 guru tahfiz, 44 santri, 233 guru dayah tradisional, dan 894 santri yang tersebar di 34 dayah di daerah itu.

Shares: