News

Pj Gubernur Aceh buka TTG ke-25 di Nagan Raya

Pj Gubernur Aceh buka TTG ke-25 di Nagan Raya

POPULARITAS.COM – Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah, Kamis (9/5/2024) buka secara resmi kegiatan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) di Nagan Raya. Acara tersebut diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota di Aceh dan sekaligus dirangkai dengan HUT daerah itu yang ke-22.

Saat membuka acara tersebut, Pj Bustami Hamzah mengatakan bahwa, even TTG harus jadi momentum pengembangan teknologi sesuai dengan kebutuhan lokal dan promosi inovasi yang dikembangkan oleh daerah.

“TTG jadi momentum penting lahirkan inovasi dan solusi yang relevan dengan kebutuhan daerah dan masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui bersama, Pra-Gelar TTG tahun ini, diikuti oleh 14 Kabupaten/Kota, dengan jumlah alat yang diperlombakan sebanyak 43 alat. Sementara itu, ada 11 Posyantek yang telah mengikuti Lomba Posyantek berprestasi. 

Bustami melanjutkan, para juara tingkat provinsi, nantinya akan dikirim ke gelar TTG Nasional yang akan dilangsungkan di NTB pada Juli 2024 mendatang. “Selamat kepada para pemenang. Teruslah berinovasi melahirkan karya terbaik untuk masyarakat,” katanya

Pada kesempatan itu juga, Pj Gubernur Aceh ingatkan kepada para pihak, untuk melakukan standarisasi dan perlindungan hak cipta atau hak paten atas karya-karya kelompok masyarakat atas inovasi teknologi tepat guna yang dihasilkan.

“Jika memungkinkan di fasilitas untuk produksi massal terhadap temuan tersebut dan sekaligus pemasarannya,” katanya menambahkan.

Contohnya, kata Bustami Hamzah, alat pengraut lidi kelapa sawit dari Nagan Raya yang menang pada TTG 2021 lalu, saat ini telah mendapatkan sertifikat hak paten dari Kemenkumham RI dan akan diserahkan pada bulan ini.

Di akhir sambutannya, Gubernur mengajak semua pihak dan seluruh pemangku kebijakan di Aceh untuk terus menguatkan silaturrahmi, terus berkolaborasi dan berkoordinasi dalam setiap program pembangunan di Bumi Serambi Mekah.

“Mari terus kita rawat kebersamaan, eratkan silaturrahmi dan terus berkolaborasi. Inilah mengapa saya mengajak seluruh bupati dan wali kota untuk hadir pada kegiatan ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh Zulkifli, selaku Ketua Panitia Gelar TTG XXV Aceh, dalam laporannya menjelaskan, Gelar TTG merupakan agenda nasional yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Seremonial pembukaan TTG XXV Aceh yang turut disaksikan oleh ribuan masyarakat Nagan Raya dan sekitarnya itu, juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRA Teuku Raja Keumangan, Ulama Kharismatik Aceh Tgk Muhammad Yusuf A Wahab, serta seluruh Bupati/Wali Kota serta Ketua TP PKK kabupaten/kota se-Aceh. Meski sempat diguyur hujan, namun pembukaan TTG XXV Aceh tetap berlangsung meriah.

Shares: