HeadlineNews

PLN Bakal Gratiskan Listrik Enam Bulan Bagi UMKM

PLN Aceh Jamin Pasokan Listrik Dukung Tangani Wabah Corona
Ilustrasi

JAKARTA (popularitas.com) – Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan mekanisme teknis penggratisan tagihan listrik bagi pelanggan Bisnis skala Kecil (B1) dan Industri skala Kecil (I1), yang memiliki sambungan daya 450 VA.

Keputusan pembebasan tarif tagihan listrik dan pemberian token gratis bagi pelanggan golongan tersebut, diakui Zulkifli telah diputuskan oleh Pemerintah melalui Rapat Terbatas pada 29 April 2020 yang lalu.

“PLN langsung menyiapkan langkah-langkah teknis pembebasan tagihan listrik bagi pelanggan Bisnis Kecil dan Industri Kecil, sebagaimana kami telah menyelesaikan pembebasan tagihan dan pemberian diskon bagi pelanggan rumah tangga pada bulan April yang lalu,” kata Zulkifli dalam keterangan tertulisnya, Jumat 1 Mei 2020.

Sebulan yang lalu, pemerintah telah membebaskan tagihan listrik bagi pelanggan golongan Rumah Tangga (R1) 450 VA, dan pemberian diskon 50 persen bagi pelanggan golongan Rumah Tangga 900 VA Bersubsidi. Kebijakan tersebut telah dituntaskan PLN dalam sepekan sejak keputusan diambil oleh pemerintah.

Zulkifli memastikan, PLN sangat antusias dan bertanggung jawab penuh untuk menjalankan komitmen dan menerjemahkan kepedulian pemerintah, dalam melindungi dan membantu para pelaku bisnis dan industri kecil.

“Kami juga akan menempuh berbagai jalur sehingga pembebasan tagihan dapat secepatnya dinikmati oleh pelanggan yang berhak,” ujar Zulkifli.

Dia menambahkan, apabila pembebasan dan pemberian diskon bagi pelanggan listrik pada tahap pertama menyasar rumah tangga dan berlaku selama tiga bulan, dalam kebijakan kedua ini pemerintah akan memberlakukan pembebasan tagihan bagi pelaku bisnis kecil dan industri kecil dengan durasi hingga enam bulan.

Saat ini, lanjut Zulkifli, tim PLN sedang menyiapkan sistem untuk memasukkan sekitar 500 ribu pelanggan listrik golongan bisnis kecil dan industri kecil berbasis token. Proses tersebut akan memakan waktu sekitar 12 jam sampai seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan token gratis itu bisa mengaksesnya.

“Estimasi kami sudah selesai satu hari. Yang sudah tersedia langsung bisa digunakan. Kami memastikan bahwa pada hari Minggu 3 Mei 2020, seluruh token sudah di-generate,” kata Zulkifli.

“Sehingga, program ini langsung dirasakan manfaatnya, sejalan dengan semangat berpihak dan peduli yang disampaikan Bapak Presiden,” ujarnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo memperluas program perlindungan rakyat yang terdampak akibat covid-19 dengan mengupayakan pemulihan ekonomi, terutama di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah.

Hal itu termasuk program khusus bagi usaha ultramikro dan usaha mikro, yang selama ini tidak tersentuh atau terjangkau oleh lembaga keuangan maupun perbankan.

Ada lima skema besar program yang diperuntukkan bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk dapat menerima bantuan sosial dari Pemerintah. Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, 29 April 2020.

“Kita harus memastikan bahwa mereka masuk sebagai bagian dari penerima bantuan sosial, baik itu Program Keluarga Harapan, paket sembako, bantuan sosial tunai, bantuan langsung tunai desa, maupun pembebasan dan pengurangan tarif listrik,” kata Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas tersebut.

Sumber: VIVA

Shares: