News

Plt Gubernur Aceh: Terorisme Tidak Mengenal Agama

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meminta kepada Pemerintah Selandia Baru, agar pelaku penembakan warga muslim di negeri itu dihukum berat dan seadil adilnya.

BANDA ACEH (popularitas.com): Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meminta kepada Pemerintah Selandia Baru agar pelaku penembakan warga muslim di negeri itu dihukum berat dan seadil-adilnya.

Hal ini disampaikan Nova saat memberikan sambutan pada acara zikir dan doa bersama kepada para korban penembakan di dua masjid di Selandia Baru, pada 15 Maret 2019 silam.

Dalam acara yang digelar di halaman Masjid Raya Banda Aceh tersebut, Sabtu, 24 Maret 2018, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengingatkan, kejadian di Selandia Baru telah membuka mata dunia bahwa umat Islam tidak identik dengan tindak kekerasan sehingga kerap mendapat stigma teroris.

Ini bermakna, kata Nova melanjutkan, pelaku teroris dapat berasal dari agama manapun, yang pasti bahwa teroris adalah perilaku yang bertentangan dengan norma agama dan prinsip kemanusiaan yang universal.

“Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian, tidak membedakan ras dan warna kulit serta sangat toleran dengan semua kalangan,” sebutnya.

Karena itu, tutur Nova, acara yang digelar pemerintah dan rakyat Aceh tersebut adalah bentuk solidaritas dan keprihatinan atas musibah yang dialami muslim Selandia Baru, yang menjadi korban dari kejahatan terorisme.

Terkait dengan bentuk solidaritas muslim Aceh tersebut, Plt Gubernur Aceh turut mengutip hadits yang diriwayatkan Imam Muslim. “Perumpamaan orang mukmin dalam hal kasih sayang bagaikan satu tubuh. Apabila satu anggota badan merintih kesakitan, maka sekujur badan akan merasa panas dan demam.”

Menurutnya bila seseorang atau sekelompok mukmin menderita kesulitan, maka yang lainnya juga ikut merasakan hal sama. 

“Oleh karena itu, doa yang kita bacakan pada malam ini adalah bentuk kepedulian kita kepada sesama muslim. Berdoa adalah satu amalan ringan namun cukup memiliki pengaruh apalagi doa kebaikan dibaca ketika sedang tidak bersama orang yang kita doakan. Menurut rasullullah doa tersebut akan segera di-ijabah Allah SWT,” pungkas Nova.* (SKY)

Shares: