News

LNG Hub PAG Mulai Beroperasi April

LHOKSEUMAWE (popularitas.com) – Instalasi jasa penyimpanan LNG (hub) yang dikelola oleh PT Perta Arun Gas, Lhokseumawe, Provinsi Aceh, akan diresmikan pada 2 April 2019.

“Tanggal 2 April ini, LNG Hub akan dilakukan peresmian dan dipastikan Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga akan menghadirinya,” ungkap President Director PAG Arief Widodo, di sela-sela pelaksanaan gerak jalan santai puncak Hut PAG ke-6, Sabtu, 23 Maret 2019.

Lanjutnya, selain dihadiri oleh Plt. Gubernur Aceh, juga akan hadir Dirjen Bea Cukai dan sejumlah pimpinan Pertamina lainnya. Karena selain meresmikan LNG Hub tersebut juga ikut meresmikan Pusat Logistik Berita (PLB) oleh Dirjen Bea Cukai.

Sebut Arief, untuk bisnis LNG Hub tersebut pihaknya sudah menyediakan dua tangki LNG yang memiliki kapasitas daya tampung besar yakni sebesar 210 ribu metrik ton. Sedangkan kargo LNG pertama yang akan menyimpannya di Hub PAG tersebut adalah LNG dari Australia.

“Khusus untuk bisnis Hub kita operasikan dua tangki. Sedangkan kargo gas pertama yang berasal dari Australia yang menyimpannya adalah sebesar 142 ribu metrik ton. Sementara daya tampung tangki kita adalah sebesar 210 ribu metrik ton. Serta sejauh ini baru ada satu perusahaan yang akan menyimpan LNG-nya,” ungkap Arief lagi.

Tambahnya, secara keseluruhan jumlah tangki yang dimiliki adalah sebanyak lima tangki. Dua tangki digunakan untuk operasi dan dua tangki digunakan untuk bisnis Hub LNG serta satu tangki dalam keadaan rusak.

Sebagaimana dikatakan oleh Arief, banyak aset milik eks PT. Arun yang belum digunakan, yang saat ini dibawah Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) atau pemerintah. Sedangkan pihaknya diperkirakan baru menggunakan aset yang ada sekitar 10 persen, katanya.

Sementara itu, mengenai rangkaian kegiatan hari jadi PAG yang ke-6 yang bertemakan “Solusi Untuk Terangi Negeri” pihaknya mengaku bangga dengan partisipasi karyawan dan mitra kerja didalam merayakannya. Untuk tahun depan, diharapkan akan dapat lebih meriah lagi dan menjadi agenda rutin untuk berbagai jenis perlombaan olah raga dan juga pendidikan, harap Arief Widodo President Director PAG.*

Sumber: Antara News

Shares: