News

PNA Nilai Vonis Irwandi Hanya Penuhi Hasrat KPK

Irwandi Yusuf dikabarkan bebas, DPP PNA beri penjelasan
Irwandi Yusuf | Foto: Detik.com

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ketua Harian DPP Partai Nanggroe Aceh (PNA) Samsul Bahri menyebutkan hakim telah berlaku tidak adil terhadap Irwandi Yusuf. Pria yang akrab disapa Tiyong tersebut bahkan menilai sikap hakim tak jauh berbeda dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK dalam persidangan sebelumnya.

“JPU sebelumnya telah mengajukan tuntutan dengan mengabaikan fakta persidangan. Terutama keterangan para saksi yang dihadirkan sendiri oleh penuntut umum. Begitu juga dengan majelis hakim yang tidak menjadikan fakta persidangan sebagai landasan utama untuk memutus perkara dengan seadil-adilnya,” kata Tiyong kepada media ini, Senin, 8 April 2019.

Dia mengatakan jika fakta persidangan tidak menjadi pertimbangan hukum, untuk apa pengadilan menghadirkan puluhan saksi dengan masa sidang berbulan-bulan. Lagipula, menurutnya, Majelis Hakim pada akhirnya hanya memenuhi hasrat KPK untuk menghukum Irwandi.

“Melihat fakta tersebut kami mempertanyakan independensi majelis hakim dalam memutuskan perkara ini. Menyikapi vonis yang telah dijatuhkan hakim, kami berharap agar pak Irwandi mengajukan banding. Beliau harus memperjuangkan haknya sebagai warga negara dalam mendapatkan keadilan. Ada banyak kejanggalan yang harus dibongkar di hadapan pengadilan tingkat banding,” kata Tiyong lagi.

Dia juga meminta segenap kader PNA dan seluruh masyarakat Aceh untuk terus memberikan dukungan moril kepada Irwandi Yusuf. Tiyong juga mengajak warga Aceh untuk mendoakan Gubernur Aceh nonaktif tersebut.

“Bagaimanapun beliau adalah Gubernur yang dipilih langsung oleh rakyat dan telah banyak berjasa dalam membangun Aceh,” ujarnya.

“Khusus untuk pengurus dan kader PNA di seluruh Aceh, kami meminta untuk tetap solid dalam bekerja memenangkan PNA dalam Pileg yang tinggal sepekan lagi. Cara terbaik untuk meneruskan perjuangan Pak Irwandi dalam mewujudkan visi Aceh Hebat adalah dengan mengirimkan wakil PNA sebanyak-banyaknya ke DPRA dan DPRK di seluruh Aceh,” katanya lagi.

Dia menyebutkan PNA adalah partai yang secara ideologis menjadi kanal politik terbaik untuk memperjuangkan segenap cita-cita Irwandi Yusuf, terhadap kemajuan Aceh. “Tentu saja kami akan bekerja sama dengan seluruh stakeholder yang ada di Aceh,” pungkas Samsul Bahri. (RIL)

Shares: