News

Polda Aceh: Satu Etnis Rohingya yang Diselundup Kabur ke Malaysia

Polda Aceh: Satu Etnis Rohingya yang Diselundup Kabur ke Malaysia
Dirreskrimum Polda Aceh Sony Sonjaya. (popularitas/dani)

POPULARITAS.COM – Personel Dit Reskrimum Polda Aceh menangkap 4 tersangka penyelundup 99 etnis Rohingya ke Kabupaten Aceh Utara pada 25 Juni 2020 lalu. Keempat tersangka ditangkap di lokasi berbeda pada Kamis, 22 Oktober 2020 pekan lalu.

Direktur Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Sony Sanjaya menjelaskan, 1 dari 99 etnis Rohingya bahkan sudah kabur dari tempat penampungan di Kota Lhokseumawe. Menurut informasi, satu etnis Rohingya itu kabur ke Malaysia.

“Bahkan dari 99 orang ini, sudah lari 1 orang, sudah berhasil 1 orang keluar, sekarang tidak ada lagi informasi di mana. Kami mendapatkan informasi orang tersebut sudah ada di Malaysia,” ujar Sony dalam konferensi pers di Mapolda Aceh, Selasa (27/10/2020).

Sony menyebutkan bahwa Polda Aceh sudah berkomunikasi dengan atase kepolisian di Malaysia agar melakukan penyelidikan terhadap keberadaan satu etnis Rohingya tersebut.

“Kami juga sempat berkomunikasi dengan atase kepolisian di Malaysia untuk melakukan penyelidikan ini orang sampai ke Malaysia bagaimana caranya,” jelas Sony.

Selain satu orang itu, kata Sony, dua pekan lalu juga ada upaya yang dilakukan salah seorang tersangka berinisial P untuk mengeluarkan 3 etnis Rohingya dari tempat penampungan di Lhokseumawe.

Namun, sambung Sony, upaya tersebut digagalkan oleh petugas keamanan. Pelaku yang menjemput etnis Rohingya tersebut kini sudah ditahan di Mapolda Aceh.

“Yang menyuruh adalah orang etnis Rohingya yang lain tahun 2011 berinisial S, sekarang sudah ditangkap, menyuruh P dari Medan untuk datang ke Lhokseumawe. Informasinya akan dibawa ke Malaysia juga,” pungkasnya. []

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: