News

Pompa semangat santri IQ Aceh Besar, Hanan Attaki: Kalau lagi down ingat orang tua

Dai kondang Ustaz Hanan Attaki menyapa santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar, Senin (23/5/2022) malam. Dalam kunjungan ke dayah tersebut, Hanan ikut memotivasi para santri yang sedang menuntut ilmu.
Dai kondang Ustaz Hanan Attaki menyapa santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar, Senin (23/5/2022) malam. FOTO: Hendri

POPULARITAS.COM – Dai kondang Ustaz Hanan Attaki menyapa santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar, Senin (23/5/2022) malam. Dalam kunjungan ke dayah tersebut, Hanan ikut memotivasi para santri yang sedang menuntut ilmu.

Dalam kesempatan tersebut, Ustaz Hanan Attaki hadir bersama Ustaz Amri Fatmi Anziz dan Ustaz Ivan Aulia. Ketiganya merupakan murid dari Pimpinan Dayah Insan Qurani, Ustaz Muzakkir Zulkifli dan alumnus Universitas Al Azhar, Kairo.

Dalam tausiyahnya, Hanan mengajak para santri untuk selalu semangat dalam menuntut ilmu. Sebab dengan cara demikian, proses belajar dapat berlangsung dengan maksimal.

Namun, ia memahami betul, bahwa ada kalanya santri merasa penat atau down. Karena itu ia membagi cara untuk mengatasi hal tersebut.

“Bila teman-teman merasa sedang down, tidak bersemangat dalam belajar, ingatlah orang tua. Bawalah foto mereka ke dayah, bila tidak ada, suruh kirim dari rumah,” ujar Hanan Attaki.

Hanan meminta santri untuk mengingat pengorbanan orang tuanya masing-masing dalam mencari nafkah demi keberhasilan pendidikan anak-anaknya.

“Tidak hanya teman-teman yang bangun subuh. Ayah ibu kita di rumah juga bangun subuh-subuh banget dan berangkat kerja demi kalian. Ingatlah pengorbanan mereka untuk teman-teman,” kata Hanan.

Selain itu, menurut Hanan, sosok orang tua juga melakukan pengorbanan dalam menahan rindu pada anak-anaknya.

Ia mengatakan, dirinya juga seorang ayah. Meski seringnya sosok ayah tidak mengungkapkan kata cinta pada anaknya secara langsung, tetapi cintanya seorang ayah terhadap anaknya itu luar biasa.

“Bayangkanlah mereka yang berkorban untuk pendidikan kalian demi pendidikan teman-teman. Semangatlah untuk mereka.”

“Ingatlah, yang berjuang di sini bukan kalian saja. Jika kalian sedang down ingatlah orang tua kalian. Insya Allah itu akan merefreh semangat kalian untuk meraih tujuan pendidikan kalian,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Hanan Attaki juga menjawab pertanyaan pertanyaan para santri, sekali kali ia mengupas kisah perjuangan menuntut ilmu dari Riab sampai ke negeri seribu menara.

Dai kondang, Ustaz Hanan Attaki (peci hitam) bersama para sahabat di Dayah Insan Qurani Aceh Besar, Senin (23/5/2022) malam. FOTO: Hendri

Kehadiran Hanan Attaki bersama sahabatnya ke Dayah IQ disambut antusias ratusan santri bersama para Asatidz, ada suasana haru kala mereka bertemu sang guru yang kini memimpin Dayah Insan Qurani.

Sementara, Pimpinan Dayah IQ, Ustaz Muzakkir Zulkifli bersyukur dan bangga kepada anak anak didiknya, yang kini telah mengibarkan sayap dakwah baik di Aceh maupun nasional.

Ia berharap kehadiran Ustaz Hanan Attaki dan kawan menjadi motivasi tersendiri dan teladan dan belajar dan menikmati proses menuntut ilmu di pesantren.

“Anak anak kami tetap semangat belajar, untuk sukses itu butuh proses dan lika liku perjuangan seperti yang telah dilalui ust Hanan dan kawan kawan, beberapa tahun lalu mereka juga belajar di pondok seperti kalian hari ini,” ujarnya.

Para santri terlihat senang dan bersyukur bisa bertemu langsung dan sharing bersama sang ustaz milenial yang memiliki Pesan Trend di pulau Jawa.

Shares: