News

Produksi minyak nilam di Aceh Barat capai dua ton per bulan

Produksi minyak nilam di Aceh Barat capai dua ton per bulan
DAI : Aceh penghasil nilam kualitas terbaik di dunia
Dokumentasi - Agen pengepul memasukkan minyak Atsiri ke dalam drum setelah dibeli dari petani di sebuah agen penampung di kawasan Desa Ujong Kalak, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

POPULARITAS.COM – Produksi minyak Atsiri Aceh (minyak Nilam Aceh) oleh kalangan petani di Kabupaten Aceh Barat mencapai dua ton setiap bulan.

“Semua produksi minyak Atsiri asal Aceh Barat ini ini dijual ke Medan, Sumatera Utara,” kata Armansyah Putra, seorang agen pengepul di Meulaboh, dikutip dari laman Antara, Sabtu (29/10/2022).

Menurutnya, selama ini bahan baku minyak Atsiri asal Aceh dijual untuk kebutuhan pasar dalam negeri maupun luar negeri yang digunakan untuk kebutuhan pembuatan parfum, serta berbagai produk kosmetik lainnya.

Sedangkan harga jual minyak tersebut, kata Armansyah Putra, saat ini dijual di harga Rp520 ribu per kilogram.

Padahal pada bulan September 2022 lalu, harga jual minyak produksi petani tersebut bertahan di angka Rp570 per kilogram.

Armansyah mengakui selama ini produksi minyak Atsiri oleh petani di Kabupaten Aceh Barat masih menggunakan sistem penyulingan tradisional di lokasi kebun, sehingga produksinya masih sangat terbatas.

Pihaknya berharap dengan adanya kepedulian dari pemerintah dengan membantu mesin penyulingan, maka produksi minyak Nilam Aceh diharapkan ke depan akan semakin meningkat.

“Kalau selama ini bisa memproduksi dua ton setiap bulan, mungkin ke depan bisa mencapai lima hingga enam ton per bulan,” kata Armansyah Putra.

Shares: