News

Prof Syamsul beri tiga catatan penting saat RDPU bersama DPR RI

RDPU itu sendiri dengan agenda evaluasi penyelenggaraan dan pengelolaan perguruan tinggi dan masukan dan rekomendasi untuk penyelenggaraan dan pengelolaan perguruan tinggi.
Prof Syamsul beri tiga catatan penting saat RDPU bersama DPR RI
Prof Syamsul Rijal (dua kanan) saat RDPU bersama Komisi X DPR RI, Kamis (17/11/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Guru Besar UIN Ar-Raniry, Prof Syamsul Rijal memberi empat catatan penting dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Komisi X DPR RI di Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Dalam RDPU itu, Komisi X DPR RI mengundang sejumlah para pakar maupun guru besar yang tergadung dalam Persatuan Guru Besar Indonesia (PERGUBI), Ketua Asosiasi Profesor Indonesia (API) dan Pengurus Forum Guru Besar dan Doktor Indonesia.

Prof Syamsul yang hadir dalam sidang itu ikut memberikan masukan terkait evaluasi dan rekomendasi penyelenggaraan pengelolaan Perguruan Tinggi (PT).

Pertama, Prof Syamsul menyebutkan bahwa aktivitas riset di kampus selama ini belum signifikan, karena itu perlu penguatan kegiatan riset di PT dengan dukungan dana berimbang.

Kedua, jenjang karir dosen sesuai kepangkatannya perlu ditingkatkan in fact kompetensinya terhadap mahasiswa guna menghadirkan intelektual diperlukan regulasi total.

Ketiga, Prof Syamsul menyarankan agar usia masa kerja bagi guru besar yang mencapai lebih 40 tahun, diperlukan regulasi memperoleh Lencana Satya Karya 40 tahun “palatinum”.

Selama ini, kata dia, penghargaan untuk guru besar hanya diberikan bagi mereka yang mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

“Maka saya pikir perlu penghargaan bagi yang memungkinkan mengabdi 40 tahun berupa Lencana Satya Karya tersebut, ini sebagai penghargaan negara atas pengabdiannya, saya pikir negara tidak salah jika memberinya,” kata Prof Syamsul.

Shares: