News

PT SBA gelar pelatihan siaga bencana untuk siswa dan guru

PT SBA gelar pelatihan siaga bencana untuk siswa dan guru
PT SBA gelar pelatihan siaga bencana untuk siswa dan guru. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – PT Solusi Bangun Andalas (SBA) bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Aceh Besar dan BPBA menggelar kegiatan pelatihan siaga bencana yang diikuti oleh 40 siswa/i dan guru di SMA Negeri 1 Lhoknga pada awal Oktober 2022 lalu.

Selain kegiatan pelatihan, digelar juga kegiatan simulasi bencana gempa dan tsunami yang diikuti oleh 260 orang serta apel siaga bencana yang dilaksanakan di Lapangan Carlos Lhoknga, Selasa (18/10/2022).

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh stakeholder terkait yaitu Sekda Aceh Besar, Caretaker General Manager SBA dan tim, BPBA, BPBD Aceh Besar (Abes), Polres Abes, Polsek Lhoknga, Kodim 0101/Abes, Koramil Lhoknga, Kikav 11/WSC Lhoknga.

Kemudian, Damkar Abes, Satpol PP & WH, Tagana Dinsos Abes, RAPI Abes, Basarnas, PMI Abes, PSC 119 Abes, Damkar Kota Banda Aceh, warga sekolah SMAN 1 Lhoknga, Relawan Destana Lamkruet, Relawan Destana Mon Ikeun dan masyarakat.

Dalam amanatnya, Sekda Aceh Besar, Sulaimi menyampaikan bahwa apel siaga bencana ini merupakan bentuk kesiapan Pemerintah Daerah dalam menghadapi kejadian bencana alam dan sekaligus untuk menyiapkan personil dan seluruh sarana prasarana yang akan digunakan dalam penanggulangan bersama.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih seluruh personil dan masyarakat dalam menghadapi bencana yang bisa terjadi kapanpun,” ujar Sulaimi.

Kalaksa BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya penting dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana. Menurutnya, kolaborasi antara BPBD dan SBA serta seluruh stakeholder yang terlibat hari ini sangat baik.

“Kita lakukan simulasi gempa dan tsunami serta evakuasi mandiri yang bertujuan untuk menguji kesiapan, kewaspadaan serta melatih seluruh petugas agar mampu mengaplikasikan fungsi masing-masing bilamana menghadapi bencana serta menguji protap/SOP (rencana kontijensi yang telah disusun),” ujar dia.

Hal senada juga disampaikan Anwar Bakti, Caretaker General Manager SBA. Ia mengaku sangat senang dapat berpartisipasi dan bekerjasama dengan BPBD, BPBA dan seluruh stakeholder terkait dalam upaya meningkatkan kemampuan mitigasi bencana.

“Hal ini sejalan dengan 2 pilar CSR yang kami jalankan yaitu SBA Cerdas dan SBA Peduli di mana perusahaan akan terus berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat dan mendukung kearifan lokal,” kata Anwar.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMAN 1 Lhoknga, Eka Sari Dewi menyampaikan apresiasinya dan terima kasih kepada SBA, BPBA, BPBD Abes, warga sekolah SMAN 1 Lhoknga serta seluruh stakeholder lainnya yang telah mendukung kegiatan ini.

“Ilmu yang telah kami dapatkan ini sangat bermanfaat dan mengedukasi seluruh warga sekolah untuk tanggap terhadap bencana serta memahami tindakan yang harus dilakukan saat bencana terjadi sehingga akan terbentuk budaya siaga, budaya aman dan budaya pengurangan risiko di sekolah,” kata Eka.

Shares: