News

Pulihkan hubungan, Menlu Amerika temui Presiden China 

Usai ditetapkan KPU sebagai Presiden RI, Menlu AS Antony Blinken beri ucapan Selamat kepada Prabowo Subianto
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J. Blinken. (ANTARA/HO-Departemen Luar Negeri AS/am)

POPULARITAS.COM – Hubungan komunikasi antara China dan Amerika Serikat belakangan hari memburuk. Hal itu dipicu sejumlah faktor, seperti perang dagang, konflik Rusia, hingga masalah upaya campur tangan USA terkait dengan Taiwan.

Guna memulihkan hubungan itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden, secara resmi mengutus Menlu Anthony Blinken guna bertemu dengan sejumlah pihak di negera Tirai Bambu tersebut.

Dalam keterangan resmi Departemen Luar Negeri AS, saat di China, Menlu Blinken telah bertemu dengan Presiden XI Jinping dan juga Penasihat Luar Negeri China Qin Gang dan diplomat senior Wang Yi.

Blinken mengatakan bahwa AS dan China memiliki kewajiban dan tanggung jawab mengelola hubungan kedua negara “demi kepentingan Amerika Serikat, kepentingan China, dan kepentingan dunia,” kata Departemen Luar Negeri AS dalam transkrip resmi yang dirilis hari ini.

“Selama beberapa hari terakhir saya melakukan percakapan yang jujur dan konstruktif dengan Penasihat Negara Qin Gang dan Direktur Wang Yi. Kami membahas berbagai isu bilateral dan global. Saya menghargai kesempatan ini untuk mendiskusikan jalan ke depan dengan Anda (Xi),” kata Blinken.

Sementara itu, Xi menyatakan China sepakat menindaklanjuti pemahaman bersama yang telah disepakati antara dia dan Biden dalam pertemuan G20 di Bali, November lalu.

Menurut Xi, setiap interaksi harus selalu didasarkan pada rasa saling menghormati dan tulus. Dia berharap kunjungan Blinken ke Beijing dapat memberikan kontribusi positif untuk menstabilkan hubungan China dan AS.

Kunjungan Blinken ke China dilakukan di tengah hubungan yang semakin tegang  antara Washington dan Beijing, terutama setelah insiden balon mata-mata China yang melintasi wilayah udara Amerika Serikat.

Beijing juga telah memutuskan saluran komunikasi antarmiliter dengan Amerika Serikat setelah Nancy Pelosi yang saat itu Ketua DPR AS mengunjungi Taiwan pada Agustus tahun lalu.

Blinken menjadi pejabat negara Amerika Serikat pertama yang berkunjung ke China sejak Presiden Joe Biden menjabat pada Januari 2021.

Editor : Hendro Saky

Shares: